Budak Angon Kelompok Tani Ternak Maju Bersama Desa Cidadap Subang Bangun Jalan Sepanjang 360 Meter

Kelompok Tani Ternak Maju Bersama di Desa Cidadap, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang bangun jalan 300 meter

SUBANG (KM) – Kelompok Tani Ternak Maju Bersama di Desa Cidadap, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, mendapatkan bantuan pembangunan jalan beton untuk memudahkan akses angkut hasil maupun sarana kegiatan produksi yang sebelumnya kesulitan karena belum mempunyai jalan.

“Manfaat jalan ini, untuk memperlancar akses beternak, untuk mobilisasi angkut hasil produksi, dan sarana produksi,” kata Kepala Desa Cidadap Taswan Sucipto, Sabtu (1/7).

Ia menuturkan dana untuk pembangunan jalan tersebut berasal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Subang Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan yang diberikan kepada Kelompok Tani Ternak Maju Bersama Desa Cidadap.

Anggaran yang bersumber DAK Fisik Pertanian TA 2023 itu, kata dia, direalisasikan untuk membuat akses jalan sepanjang 360 meter.

Pelaksanaannya, lanjut dia, dilakukan secara swakelola oleh kelompok peternak maupun masyarakat setempat sampai jalan tersebut selesai dikerjakan dan bisa dimanfaatkan.

“Sudah direncanakan sebelumnya, sumber anggaran DAK pekerjaan swakelola oleh kelompok atau masyarakat,” pungkas Kades Cidadap Taswan Sucipto.

Sementara itu, Darso Efendi Ketua Kelompok Tani Ternak Maju Bersama mengungkapkan Kelompok Tani Ternak Maju Bersama memiliki ternak kambing sebanyak 100 ekor.

Selama ini, peternak mengeluhkan masalah akses jalan yang rusak sehingga menghambat pengembangan ternak sapi di daerah itu.

“Sebelumnya akses jalan susah, sehingga usaha peternakan susah berkembang,” katanya.

Reporter: Din

Editor: redaksi

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*