Kawanan Kera Ekor Panjang Sering Datangi Pemukiman Warga Ciampea Bogor

Kawanan kera ekor panjang (di atap rumah) sambangi pemukiman untuk mencari makan, Senin (15/5/2023)

BOGOR (KM) – Kawanan kera ekor panjang hampir setiap hari turun ke permukiman warga Kampung Cibadak, Desa Badak, Ciampea, Kabupaten Bogor.

Kendati aktivitas kawanan kera ini tidak menggangu warga sekitar. Kera tersebut berasal dari gunung kapur yang berada tidak jauh dari pemukiman.

Menurut warga Endang mengatakan, kawanan kera tersebut hampir setiap hari turun ke permukiman hanya mencari makanan, namun saat ini tidak begitu banyak yang turun ke permukiman.

“Hampir setiap hari, kalo siang gini hanya kawanan kecil saja yang turun. Ramai nya mereka ini biasanya pagi dan sore, mereka hanya mencari makan,” katanya, Senin (15/5).

Selain di permukiman warga, kawanan kera juga terlihat di area tumpukan sampah yang menggunung di Pasar Ciampea Baru.

Biasanya aktivitas kera-kera tersebut kata dia, mencari berbagai makanan di tumpukan sampah itu.

“Sudah delapan bulan kera-kera ini tidak terlalu banyak yang turun ke permukiman, sekarang-sekarang ini kera tersebut hanya berada di tumpukan sampah yang ada di belakang pasar,” kata salah satu pedagang sayur yang berada di area pasar Bu Enah.

Dia mengatakan, untuk kera dengan jumlah yang banyak turun ke pemukiman atau ke pasar itu musiman biasanya setahun sekali.

“Dulu sempat turun dengan jumlah ratusan keberadaan nya cukup meresahkan, karena mengganggu aktivitas warga terlebih di pasar,” katanya.

Reporter: Andriawan

Editor: redaksi

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*