PGRI KECAMATAN PAMARAYAN GELAR PELATIHAN JURUS SILAT KASERANGAN

Pelatihan Jurus Silat Kaserangan para guru Olah raga SD se- Kecamatan Pamarayan di Gedung PGRI Kecamatan Pamarayan pada Sabtu (11/2/2023)

SERANG (KM) –  Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI) Kecamatan Pamarayan menggelar Pelatihan Jurus Silat Kaserangan bersama para guru Olah raga SD se- Kecamatan Pamarayan di Gedung PGRI Kecamatan Pamarayan pada Sabtu (11/2).

Kegiatan dihadiri Suwitno selaku ketua pelaksana, Ipad Fajrillah (Bendahara), Asep Saepul Rohman, Medi Subandi (Sekretaris) dan narasumber (Sekretaris IPSI Kabupaten Serang), para pelatih dan peserta pelatihan jurus silat kaserangan.

Asep Saepul R selaku pelaksana kegiatan sekaligus Pengurus PGRI mengatakan tujuan pelatihan jurus Silat Kaserangan sekaligus membekali guru- guru olahraga tentang silat kaserangan yang akan diajarkan kepada peserta didik di satuan pendidikannya masing-masing.

Juga mempersiapkan peserta didik dalam mengikuti ajang festival silat kaserangan dalam ajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) di tingkat kecamatan- kabupaten sampai tingkat nasional,” ucap Asep.

Kegiatan pelatihan pelatih Jurus Silat Kaserangan ini merupakan langkah yang positif bagi seluruh sekolah SD yang ada di Kecamatan Pamarayan, khususnya dan umumnya di Kabupaten serang,” jelasnya.

Pelatihan Pelatih jurus Silat Kaserangan yang diikuti 25 Guru Olahraga SD dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. ,”Dan persiapan seluruh Sekolah SD untuk menuju silat kaserangan menjadi pelajaran muatan lokal di Kabupaten Serang untuk tingkat SD dan SMP,” ungkap Asep.

Pelatihan Pelatih Silat Kaserangan ini berkerja sama dengan IPSI Kabupaten Serang yang sekaligus menghadirkan narasumber dan pelatih dari IPSI Kabupaten Serang sekaligus salah satu tim perumus jurus Silat Kaserangan.

“Saya berharap para peserta mampu melaksanakan pelatihan ini.Serta mampu mengaplikasinya kepada seluruh siswa siswi yang ada di sekolah masing masing,” harapnya.

“Saya selaku pengurus PGRI Kecamatan Pamarayan dan tim pelaksana kegiatan pelatihan silat Kaserangan mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris IPSI Kabupaten Serang atas kerjasamanya,” pungkas Asep.

Medi Subandi selaku Sekretaris IPSI Kabupaten Serang sekaligus menjadi narasumber dan Tim Perumus Jurus Kaserangan mengungkapkan tujuan diadakannya pelatihan pelatih Jurus Silat Kaserangan ini.

“Bagi para guru olah raga SD ini untuk mengetahui tentang jurus kaserangan yang digagas oleh Bupati Serang, Hj.Ratu Tatu Chasanah mulai dari sejarahnya,” paparnya.

Perumusan, mulai dari Sejarahnya, dan tujuan dirumuskanya perumusan,dan tujuan dirumuskannya Jurus perumusan Silat Kaserangan.

Lanjut Medi,bahwa dijadikan dirinya sebagai narasumber atau pemateri membawa 5 orang pelatih yang sudah mumpuni dalam gerakan dan pengetahuan jurus kaserangan yaitu Melinda, Desti,Sri Wahyuni, Nisa,dan Darti. Bertujuan agar para guru olahraga SD se – Kecamatan Pamarayan menguasai dalam teknik pelatihan dan pengajaran kepada siswa- siswi.

“Serta mampu mengaplikasikan pelatihan dengan menggunakan panduan buku ajar silat kaserangan dan mampu mengaplikasikan sistem penilaian festival pencak silat jurus kaserangan dengan menghasilkan siswa siswi  yang berkualitas,bermental juara, dan menguasai dalam hal gerak jurus kaserangan” katanya.

“Di dalam pelatihan Jurus Silat Kaserangan ini saya berharap nantinya kedepan akan lahir atlet atlet silat berprestasi dari Kecamatan Pamarayan,” tutup Medi.

Reporter: Acun S.

Editor: Redaksi

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*