Muhamad Arifin Sang Penemu “OTOKA” Safety Turn Signal Controler

OTAKA Safety Turn Signal Controller, penemuan Muhammad Arifin dari Bantul , Yogyakarta

Bantul (KM) – Sering terjadinya lupa mematikan lampu sein,merupakan hal yang sering terjadi dan menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan dalam lalu lintas. Terkadang pengendara sein kanan namun beloknya ke kiri ataupun sebaliknya.

Hal tersebut menjadi perhatian Muhamad Arifin, salah satu pemuda dari pedukuhan Kunden, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan serta  penemuan tersebut sudah dipatenkan di  Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual.

Ia menjelaskan saking banyaknya pengendara sepeda motor terutama yang lupa untuk mematikan lampu sein. Ini menjadi perhatian tersendiri buat Arifin untuk menciptakan alat otomatis yang bisa mematikan lampu sein saat kita lupa mematikannya.

“Seringnya lupa mematikan sein jadi perhatian saya.kemudian saya mencoba merancang alat untuk bisa mematikan sein dalam waktu tertentu,(dapat di atur sesuai permintaan konsumen) dan ini juga akan di rancang untuk motor tua”jelasnya, Minggu (15/1).

Dengan dipasangya alat tersebut, jika sein di nyalakan dalam waktu tertentu lampu sein akan mati sendiri secara otomatis. Alat tersebut di beri nama “OTOKA” Safety Turn Signal Controler.

“OTOKA di desain oleh PCB  jogja,dan di produksi di Taiwan.Sementara untuk pemesanan via pre order via www.otoka id,ataupun bisa bisa datang langsung ke rumah,” imbuh Arifin .

“Penemuan alat ini benar – benar keren,dengan di pasangnya alat ini bagi para pengguna motor yang sering lupa mematikan sein menjadi lebih tenang dan juga bisa mengurangi angka kecelakaan bagi pengendara dibelakangnya tidak ragu lagi ketika mau mendahului,”ucap Muhammad Rafli salah satu konsumen yang motornya sudah di pasang “OTOKA”.

Sedangkan lhulud Wijaya,yang juga sebagai konsumen merasa sangat senang,dengan penemuan alat ini, karena sudah tidak kepikiran lagi jika istri pergi menggunakan sepeda motor, sebab sering sekali lupa mematikan lampu sein.

“Lampu sein ke kiri malah belok ya ke kanan, sehingga menyebabkan pengguna jalan di belakangnya jadi gugup dan untuk harga juga sangat terjangkau,” tuturnya.

Reporter: Arf

Editor: Red1

Komentar Facebook

1 Trackback / Pingback

  1. MUHAMAD ARIFIN SANG PENEMU “OTOKA” SAFETY TURN SIGNAL CONTROLER – Otoka

Leave a comment

Your email address will not be published.


*