Direktur Eksekutif Strategi Foundation: Saatnya Perempuan Menjadi Pengawal Perubahan

Direktur Eksekutif Strategi Foundation Risdiana Wiryatni

JAKARTA (KM) – Keterlibatan perempuan dalam dunia politik dinilai mampu memberikan dampak positif bagi pembangunan suatu negara. Tidak hanya menyuarakan isu-isu terkait perempuan yang selalu terpinggirkan, kehadiran politisi perempuan dinilai mampu memberikan warna tersendiri bagi pembangunan dan keberlangsungan bangsa ini. Pandangan tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Strategi Foundation Risdiana Wiryatni di Jakarta, Jumat (13/1).

Risdiana berujar, perempuan memiliki potensi yang tidak kalah penting dengan laki-laki. Namun realita yang ada, hingga hari ini menempatkan bahwa perempuan Indonesia masih mengalami ketimpangan sosial dan budaya. Di berbagai penjuru nusantara, masih banyak perempuan yang justru dibutakan secara struktural akan potensi diri yang dimiliki sehingga hanya menjalankan peran sekunder dalam masyarakat.

“Cara pandang seperti ini harus dibenahi. Sudah saatnya perempuan tampil sebagai pengawal perubahan. Jika perempuan mendapat kesempatan dan peran yang seimbang dengan laki-laki, maka potensi sumber daya manusia di Indonesia, menjadi jauh lebih besar, dan hal tersebut akan menguntungkan dan memberi manfaat bagi pembangunan bangsa,” kata Risdiana.

Ia menyebut di era global seperti saat ini, peran perempuan sangat penting. Perempuan tidak melulu identik dengan pekerjaan dapur, tapi bisa berperan lebih jauh untuk masyarakat, bangsa dan negara, perempuan bisa terus berinovasi bagaimana bisa melakukan yang terbaik untuk masyarakat, bisa memberi warna dalam politik, juga berkembang mengambil peranan penting di berbagai bidang.

Advertisement

Ia menyebutkan di bidang politik, perempuan telah memberi warna dalam wajah politik tanah air, meski keterwakilan perempuan masih rendah, namun sudah menunjukkan tren peningkatan.

“Keterlibatan perempuan dalam berkiprah di dunia politik dari waktu ke waktu terus mengalami presentasi yang terus meningkat. Salah satu indikatornya adalah tren peningkatan keterwakilan perempuan di badan legislatif,” ungkap Risdiana yang juga pengusaha media ini.

“Perempuan harus mampu berdaya dalam segala bidang. Tidak hanya terkotak pada urusan yang menjadi kodrat mereka,” ujarnya.

Ia mengajak perempuan untuk dapat membagi peran dan mengembangkan potensinya dengan baik. Saat ini, kata dia, kesempatan yang diperoleh perempuan lebih luas. 

”Sudah sepatutnya perempuan dapat terus mengembangkan potensi diri, demi prestasi dan cita-cita yang diinginkannya. Namun semua itu harus dilakukan dengan bertanggung jawab. Artinya, tetap tidak meninggalkan kewajiban dan kodrat yang melekat pada perempuan, baik sebagai istri maupun sosok ibu di keluarga,” pungkasnya.

Rep/ Editor: Marss\jdg

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: