Lantik KSAL, Presiden: Tingkatkan Kedaulatan Negara di Laut

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan usai melantik Laksamana Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12/2022) Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

JAKARTA (KM) – Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang baru dilantik, Laksamana Muhammad Ali yaitu untuk meningkatkan kedaulatan negara di laut, utamanya yang berkaitan dengan perbatasan dan pulau-pulau terdepan.

“Kita tahu dua per tiga Indonesia ini adalah air, adalah laut. Jadi konsentrasi untuk kedaulatan negara utamanya di laut itu yang menjadi tanggung jawab besar dari KSAL yang baru, Pak Muhammad Ali,” ujar Presiden di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (28/12).

Selain itu, Presiden meminta modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) laut harus terus diperkuat.

KSAL Laksamana Muhammad Ali menjelaskan bahwa Presiden Jokowi mendorong pengembangan industri perkapalan dalam negeri untuk Angkatan Laut.

“Terutama dalam pembangunan kekuatan yang berupa KRI. Jadi sekarang ini TNI Angkatan Laut sudah, mungkin 70 persen, sudah menggunakan produk dalam negeri kapal-kapalnya,” kata Ali.

Ia mengatakan hal lain yang ditekankan Presiden yakni terkait potensi kerawanan di laut berupa penyelundupan maupun kegiatan ilegal lainnya, berupaya mencegah dan menghentikan segala bentuk kegiatan ilegal di laut.

“Masalah kerawanan lain adalah penyelundupan. Bapak Presiden juga menekankan untuk mencegah atau menghentikan kegiatan penyelundupan maupun kegiatan ilegal di laut atau lewat laut lainnya,” tambahnya. (BPMI)

Re[p/ Editor: Marss

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*