Hari Anti Korupsi Sedunia, BPJS Ketenagakerjaan Klaten Lakukan Sosialisasi

Klaten (KM) – Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Klaten memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2022 yang jatuh pada tanggal 9 Desember ini dengan melakukan sosialisasi mengenai Kebijakan Anti Penyuapan BPJS Ketenagakerjaan di kantor setempat, Jumat (9/12).

Sosialisasi dilakukan di jeda jam pelayanan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten yang hadir pada kesempatan itu.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten, Noviana Kartika Setyaningtyas melalui Petugas Pemeriksa Cabang, Ardhiansyah Daryanto menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta BPJS Ketenagakerjaan terhadap korupsi dan peran mereka dalam memerangi dan mencegahnya.

“Tema Hari Anti Korupsi Sedunia 2022 adalah Indonesia Pulih, Bersatu Lawan Korupsi,” tegasnya.

Ardhiansyah Daryanto menyatakan, dalam sosialisasi ini lebih ditekankan pada upaya untuk menolak suap dan gratifikasi.

Menurut Ardhiansyah, penyuapan adalah bentuk pemberian barang, uang, janji, dan bentuk lainnya yang bertujuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan dari pihak penerima suap. Suap selalu melibatkan pemberi aktif yang umumnya disertai kesepakatan antara kedua belah pihak atau meeting of mind. Seringkali, pelaku suap menyuap berupaya menutupi pemberian melalui “berbagai cara”.

Sedang gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (diskon), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, dan fasiilitas lainnya. Tujuannya untuk pemberian hadiah atau ucapan terima kasih.

Setiap pemberian gratifikasi akan dianalisa sejauh mana pemberian tersebut berhubungan dengan jabatan penerima dan kaitannya dengan kewajiban dan tugasnya. Biasanya tidak ada kesepakatan (meeting of mind), tetapi ada “unsur tanam budi”.

“Bentuk suap dan gratifikasi ini berupa uang, barang, pinjaman tanpa bunga, pengobatan cuma-cuma, komisi, diskon, fasilitas penginapan, tiket perjalanan, perjalanan pariwisata, dan fasilitas lainnya,” ucapnya.

Advertisement

Ardhiansyah menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan mempunyai kebijakan anti penyuapan yang diberi nama “FIGHT”. Ini merupakan kepanjangan dari Faith, Integrity, Good Governance, Harmony, dan Truthful.

Faith berarti menjunjung tinggi nilai keimanan sebagai pondasi Budaya Kerja BPJS Ketenagakerjaan dalam Sistem Manajemen Anti Penyuapan.

Integrity adalah menjaga norma-norma kejujuran dan etika Badan serta menolak untuk memberi dan menerima suap, hadiah atau pemberian dalam bentuk apapun yang akan mempengaruhi tugas dan wewenang dalam melaksanakan ketentuan Badan dengan menjalankan prinsip “4 Fight” yaitu Fight Bribery, Fight Gratification, Fight Fruad, dan Fight Luxuries Hospitality.

Good Governance yaitu menjalankan pengelolaan badan penyelenggara jaminan sosial sesuai prinsip-prinsip tata kelola yang baik, nilai budaya Badan, dan menghindari adanya benturan kepentingan serta senantiasa meningkatkan kinerja dengan tetap memastikan setiap proses dapat terlaksana secara patuh dan benar.

Harmony ialah membangun kolaborasi dalam menjalankan tugas, fungsi, dan wewenang sesuai jabatan serta kolaborasi dalam menjalankan komitmen penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan di BPJS Ketenagakerjaan.

Dan Truthful yakni berperan aktif dalam melaporkan dugaan penyuapan dan pelanggaran terhadap sistem manajemen anti penyuapan dengan itikad baik dan kejujuran.

“Penerapan anti penyuapan di BPJS Ketenagakerjaan ini dilakukan dengan pengendalian gratifikasi, pernyataan integritas dari seluruh insan BPJS Ketenagakerjaan, sosialisasi anti penyuapan, survey kinerja SMAP, dan pengendalian WBS atau Whistle Blowing System,” ujarnya.

Ardhi berpesan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan, apabila terjadi dugaan pelanggaran bisa disampaikan melalui Whistle Blowing System. Laporan yang dapat disampaikan melalui WBS seperti kecurangan, pelanggaran hukum atau peraturan, penyuapan atau gratifikasi.

Rep: arf

Editor: Red1

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: