SMK Negeri 1 Rota Banjir, Kegiatan Belajar Mengajar Terpaksa Diliburkan

Kepala Sekolah SMK N 1 Rota, Sriyanta bersama dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Sadimin

KLATEN (KM) – Hujan lebat yang terjadi sejak kemarin sore hingga malam tadi dan luapan air sungai membuat beberapa tempat di Kabupaten Klaten terendam banjir antara lain SMK Negeri 1 Rota di Kelurahan Bayat, Kecamatan Krakitan, Klaten yang sampai pagi tadi masih tergenang air. Ketinggian air mencapai kurang lebih hampir 1 meter. Namun pagi ini air yang menggenangi lingkungan sekolah sudah mulai surut.

“Ini bukan kali pertama SMK N 1 Rota terendam banjir. Kejadian seperti ini pernah terjadi tahun 2017 lalu, namun tidak separah ini,” ucap Sriyanta, Kepala Sekolah SMK N 1 Rota.

Sriyanta mengungkapkan banjir tersebut karena luapan air sungai yang berada di depan sekolah akibat hujan deras yang mengguyur tadi malam.

“Hal seperti ini sudah sering terjadi mas, namun banjir kali ini yang terparah dibandingkan tahun 2017 lalu. Kami tidak bisa berbuat apa – apa ya karena memang letak geografis sekolah ini di bawah bahu jalan, sehingga saat hujan deras,air sungai meluap, lingkungan sekolah pasti banjir. Ini sudah jadi langganan buat kami.Saat ini yang bisa kami lakukan ya hanya sebatas menyelamatkan arsip – arsip milik sekolahan,” ungkapnya.

Sriyanta berharap kedepan ada koordinasi dengan dinas terkait baik BPBD maupun dari Dinas Lingkungan Hidup untuk bisa mengantisipasi kejadian serupaagar  tidak kembali terjadi lagi.

“Saya berharap permasalahan ini bisa segera dapat diatasi, tentunya ada koordinasi dari instansi atau dinas terkait.Saya harapkan ada penanganan terutama mengantisipasi luapan air sungai yang berada di luar lingkungan sekolah ini,” harapnya.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Sadimin menjelaskan, kejadian ini sudah berulang kali terjadi.

“Saat ini kami hanya sebatas memantau dan mendata kerusakan dan apa saja dampak dari banjir ini termasuk sarana prasarana dan fasilitas yang ada di SMK N 1Rota ini,” jelasnya.

Hampir seluruh halaman baik ruang kelas maupun gedung kantor SMK N 1 Rota tergenang air akibat luapan sungai sehikngga kegiatan belajar mengajar terpaksa diliburkan. Hanya ada beberapa siswa saja yang diperbantukan bersama para guru dan karyawan sekolah untuk membersihkan lingkungan sekolah dari sisa – sisa banjir. Hingga berita ini diturunkan, genangan air di lingkungan SMK N 1 Rota masih belum surut.

Rep: Arifin

Editor: Red1

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: