Proyek Jaling di Sumberjaya Tambun Selatan Sudah Alami Keretakan, Aktivis Desak BPK Lakukan Audit

BEKASI (KM) – Pekerjaan jalan lingkungan di Kp. Buwek, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan diduga tidak maksimal, sehingga sudah mengalami keretakan di beberapa titik. Ironisnya, perbaikannya pun hanya dilakukan dengan menggunakan sealant pada bagian yang terjadi keretakan.

Sebelumnya, kegiatan yang dikerjakan oleh CV. Ammouri Jaya berjudul Peningkatan Jalan Lingkungan pada Jalan Raya Kandang Ayam Arah Griya Kp. Buwek Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Selatan dengan nomor SPMK PG 02 02/631/2121/SPMK.PL/KP/DISPERKIMTAN/APBD/2022 dan nilai kontrak Rp199.385.800,00, diduga tidak dikerjakan dengan maksimal.

Dari hasil monitoring tim media di lokasi pekerjaan, ditemukan sudah terjadi keretakan pada proses pekerjaannya.

Sementara, Dede selaku pengawas konsultan dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DISPERKIMTAN) Bidang Permukiman Kabupaten Bekasi, saat dikonfirmasi Kupasmerdeka.com via WhatsApp mengenai hasil pekerjaan yang sudah diperbaiki dan hasilnya tidak maksimal, dirinya enggan menjawab.

Selain itu, Agung selaku PPTK Bidang Permukiman pada DISPERKIMTAN Kabupaten Bekasi, juga enggan menjawab saat dimintai tanggapannya terkait upaya dari Dinas dan Konsultan dengan hasil pekerjaan yang seperti itu.

Terpisah, Ketua Komunitas Peduli Bekasi (KPB), Yanto, menyayangkan hasil pekerjaan yang seperti itu. Menurut Yanto, seharusnya kontraktor seperti itu jangan sampai diberikan pekerjaan lagi dan pihak dinas harus berani ambil ketegasan.

“Dan untuk konsultan pengawas, saya meminta untuk kroscek kembali hasil pekerjaan tersebut, ambil data pekerjaan yang sudah mengalami keretakan itu, lalu sampaikan ke pihak PPTK atau PPK agar mereka bisa melakukan analisa pemotongan,” ucap Yanto, Jumat 14/10.

Bila perlu, lanjut Yanto menegaskan, bongkar pekerjaan yang sudah terjadi keretakan yang dikerjakan kontraktor CV. Ammouri Jaya, karena pekerjaan itu sudah “gagal konstruksi”.

“Untuk itu, saya mendesak Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) supaya melakukan audit, pada peningkatan Jalan Lingkungan Jalan Raya Kandang Ayam Arah Griya Kp. Buwek Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun,” pungkas Yanto.

Reporter: Mon

Editor: Sudrajat

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*