Galeri Nasional Adakan Pameran Ragam Flora Indonesia Ketiga

Kepala Galeri Nasional Pustanto saat di wawancarai media di Galeri Nasional, Kamis 7/7 (Dok: HSMY, BAYU /KM)

Jakarta (KM) – Pameran Seni botani Ragam Flora Indonesia (RFI) ketiga kali ini di selenggarakan di gedung D Galeri Indonesia pada 7 Juli sampai 8 Agustus 2022 yang bertema Botanical Art: Evoking the Beauty of Science .

Pameran kali ini di inisiasi Indonesia Society of Botanical Artist (IDSBA) yang bekerja sama dengan Galeri Nasional Indonesia dan di dukung oleh beberapa mitra.

Kepala Galeri Nasional Pustanto dalam sambutannya berharap agar masyarakat bisa menikmati seni lukis botani dan lebih mengetahui apa manfaat dari tumbuhan yang ada di sekitarnya.

“Gelaran karya seni botani ini merupakan kesempatan unik dan penting bagi masyarakat luas untuk dapat menikmati suguhan sekaligus arsip ilmiah estetik yang memberikan ruang bagi penikmat seni untuk mengagumi keindahan seni lukis botani sekaligus mendapatkan pengetahuan mengenai tumbuhan dengan jarak sangat dekat dan detail detail yang akurat,” ungkap Pustanto (7/7).

Sedangkan dari kacamata ilmu pengetahuan botaniawan Destario Metusala mengakui bahwa sudah sejak lama jika seni botani berperan penting dalam khazanah ilmu pengetahuan.

Advertisement

“Seni botani sudah sejak lama berperan penting dalam khazanah ilmu pengetahuan, khususnya ilmu botani. Terlebih di masa lampau saat akses teknologi kamera masih sangat terbatas. Bahkan, saat teknologi kamera masa kini yang sudah sangat mumpuni sekalipun, untuk beberapa kasus ilustrasi botani masih sangat di andalkan,”ungkapnya.

“Seni botani telah berevolusi menjadi salah satu pendekatan aktualisasi diri dari berbagai kalangan, tanpa monopoli komunitas dengan latar belakang keilmuan tertentu. Tentu saja ini merupakan evolusi positif yang membahagiakan,” tambahnya.

Selain menampilkan keindahan ragam flora Indonesia, dalam ajang ini IDSBA juga menggandeng komunitas yang terhubung dengan seni rupa dan sains. IDSBA juga akan menghadirkan webinar untuk membuka wawasan tentang seni botani di Indonesia bersama kurator pameran, dimana para seniman anggota IDSBA berpraktik di ruang pameran sehingga para pengunjung bisa menyaksikan langsung proses seniman botani bekerja.

Reporter: BAYU/HSMY

Editor: Red

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: