DPK KNPI Parungpanjang Gandeng BPR LPK, Gelar Festival Kreativitas Pelajar SMP/MTs

DPK KNPI Parungpanjang, Kabupaten Bogor menggelar Festival Kreativitas Pelajar SMP/MTs bersama BPR LPK, Kamis siang (23/06/2022) (dok. Hari Setiawan Muhammad Yasin/KM)
DPK KNPI Parungpanjang, Kabupaten Bogor menggelar Festival Kreativitas Pelajar SMP/MTs bersama BPR LPK, Kamis siang (23/06/2022) (dok. Hari Setiawan Muhammad Yasin/KM)

BOGOR (KM) – Dewan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Parungpanjang bersama Bank Perkreditan Rakyat Lembaga Perkreditan Kecamatan (BPR LPK) Parungpanjang, Kabupaten Bogor, menggelar acara festival kreativitas pelajar untuk Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) se-Kecamatan Parungpanjang di SMK BPM Parungpanjang, Kamis siang 23/6.

Ketua DPK KNPI Parungpanjang Susi Damayanti atau yang sering disapa Ayya mengatakan kepada wartawan bahwa digelarnya festival kreativitas ini dalam rangka untuk menumbuhkembangkan potensi-potensi pelajar di Kecamatan Parungpanjang Bogor.

“Tujuannya adalah untuk menumbuhkan potensi-potensi pelajar supaya lebih berkembang dan bibit-bibit kreativitas itu muncul, terutama nantinya agar kemajuan kesenian di Kecamatan Parungpanjang ini bisa terlihat dengan baik, menumbuhkan rasa bukan persaingan, menumbuhkan kreativitas dan prestasi sesama pelajar, dan acara ini didorong oleh sponsor utama yaitu BPR LPK,” ungkap Ayya.

Ayya menjelaskan, dari 26 sekolah SMP/MTs di Kecamatan Parungpanjang yang mengikuti festival, juara 1 didapatkan oleh SMP Islam Nida El Adabi Parungpanjang.

“Untuk juaranya itu ada 6 meliputi juara 1-3, harapan 1-3. Juara 1 mendapatkan hadiah Rp500.000 dengan trofi, dan juara 1 ini didapatkan oleh SMP Islam Nida El-Adabi Parungpanjang,” jelas Ayya.

“Kita berikan sertifikat kepada para juara, juga peserta yang mendaftarkan acara ini mendapatkan pigura kemudian sertifikat untuk nantinya dibawa ke sekolah masing-masing sebagai kenangan dari DPK KNPI Parungpanjang,” tandas Ayya.

Selain acara festival kreativitas pelajar SMP/MTs, BPR LPK Parungpanjang juga menggelar sosialisasi pentingnya menabung untuk para pelajar karena menabung sangatlah penting.

Dalam sambutannya, Direktur Utama BPR LPK Parungpanjang, M. Roby Binarta nenuturkan, pihaknya menggandeng DPK KNPI Parungpanjang untuk memberikan edukasi dan sosilisasi kepada masyarakat umum khususnya pelajar tentang pentingnya menabung.

Advertisement

“Karena saat ini sudah ada 4 produk BPR LPK Parungpanjang meliputi TAS (Tabungan Anak Sekolah), Kredit Sertifikasi Guru, Kredit Pegawai Desa dan Kredit Sanitasi Air,” kata Roby.

Turut hadir di tempat yang sama pendiri SMK Bina Putra Mandiri Parungpanjang sekaligus Ketua MPI DPD KNPI Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibawa yang menyatakan sangat menyambut baik adanya kegiatan tersebut karena dapat membuka ruang ke para remaja untuk berekspresi.

“Jadi saya menyambut baik kegiatan ini, karena sebenarnya kreativitas dan ekspresi itu keniscayaan, artinya setiap anak itu pasti punya, tinggal butuh saluran, kalau ini tidak disalurkan dia akan meledak seperti tawuran antar pelajar, bisa narkoba dan lain-lain karena pemuda butuh ekspresi gitu,” terangnya.

“Nah kalau ini disalurkan, mudah-mudahan jadi hal yang positif, suatu hari nanti dia akan menjadi pemimpin-pemimpin yang kreatif dan inovatif, karena di zaman sekarang tanpa adanya kreativitas tidak akan maju, jadi kita orang biasa harus menjadi orang luar biasa,” lanjut Egi.

“Ya selain tadi memberikan ruang berkespresi untuk para pelajar, juga bisa menjadi ruang berekspresi untuk para teman-teman KNPI, OSIS, mereka diuji dengan kegiatan, diuji dari solidaritas, kerjasama, kesungguhan mana kerja orangnya yang bagus, mana yang loyal, dan lain-lain,” pungkasnya.

Reporter: HSMY

Editor: Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: