“Forum Drawing Indonesia” Gelar Bulan Menggambar Nasional Bersama Ratusan Komunitas Seni Rupa

JAKARTA (KM)Forum Drawing Indonesia (FDI) menyelenggarakan program bulan Mei sebagai “Bulan Menggambar Nasional/Indonesia Menggambar” yang diikuti oleh 250 komunitas seni rupa di seluruh Indonesia, di pelataran Patung Raden Saleh Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu 14/5.

Untuk di wilayah Jabodetabek, program Indonesia Menggambar diikuti oleh 26 komunitas dan melibatkan sekitar 487 perupa/seniman serta puluhan penulis seni rupa.

Menurut Kordinator Urban Menggambar Jabodetabek, Lenny Weichert, acara tersebut ditujukan bagi komunitas seni dan seluruh kalangan masyarakat yang berminat pada gambar, terutama bagi pendidikan seni dan disiplin lain.

“FDI memiliki konsep egaliter, kebersamaan dan desentral,” ujarnya.

“Acara tersebut mengangkat tema besar tentang sensasi kehidupan urban. Kehidupan urban mencerminkan kontestasi (kompetisi, perebutan, konflik, tegangan) yang kompleks, baik di ruang publik maupun ruang domestik/privat. Fenomena itu muncul dalam hampir semua ranah kehidupan: sosial, politik, ekonomi dan budaya,” jelasnya.

Lenny Weichert menambahkan, kontestasi semakin kental karena Jakarta merupakan ibukota negara, tempat dimana segala sesuatunya memusat, mulai dari pemerintahan, partai politik, bisnis, pendidikan, lembaga sosial, dan keagamaan.

“Saking kuatnya kontestasi itu, perwujudannya bisa melampaui fiksi, bahkan antara fiksi dan kenyataan bisa saling melebur. Dalam keseharian, kita kerap menjumpai banyak peristiwa absurd atau fiksi,” ungkapnya.

“Urban Menggambar dimaksudkan untuk menggerakkan komunitas di berbagai wilayah di Indonesia dengan tujuan menghidupkan kembali aktivitas berkesenian, wacana lokal dan praktik kesenirupaan, khususnya di Jabodetabek,” pungkasnya.

Advertisement

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan koordinator FDI Lenny Weichert, sambutan salah satu komunitas yang mewakili Jabodetabek, dan penampilan musikalisasi puisi.

Sementara itu Official Opening dilakukan oleh Alexandra Pandanwangi, anak dari Maestro seni rupa Indonesia S. Sudjojono dirangkai dengan pembacaan Deklarasi Bulan Menggambar Nasional, pemutaran lagu Mars Forum Drawing Indonesia, seta ditutup dengan tanda tangan seluruh komunitas di atas media kain.

Adapun 26 peserta komunitas/kelompok yang terlibat dalam acara yaitu Ruang Garasi Jakarta Selatan, Kersan Art Studio HUB Jakarta Selatan, musyawarah Art Space (MASE) Tangerang, Artodoc Tangerang, Rolling Door Art Gallery Jakarta Selatan, Rumah Seni Budaya Pandawa Bekasi, Palakali Creative Depok, Kelompok Men. Tangerang, Astumus kultur Tangerang, Tersajakkanlah Bogor, Pasar Seni Ancol Jakarta Utara, Agenkultur Art Hub (Agenkultur Foundation) Tangerang, Forum Seniman Bekasi, Bintaro Art Space (BAS) Tangerang Selatan, Mading Kota Jakarta, Sanggar Babe Syabani Jakarta Timur, Ouguth Studio Jakarta Barat, Komunitas Kota Tua Jakarta Timur, Perkumpulan Seniman Alang-alang Depok, Ghradika Sani Kartiyasa Depok, Gorta Jakarta Selatan, Kampus Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta Timur, Hipta Jakarta, Hip Art. Jakarta Pusat, Talenta Jakarta, dan Perupa Bogor.

Reporter : Sudrajat
Editor : HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: