PPWI Pra Peradilankan Polres Lampung Timur

JAKARTA (KM) – Pengurus Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) bersama 9 advokat yang ditunjuk Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke akan menggugat Pra Peradilan Polres Lampung Timur.

Pada tanggal 11 Maret 2022, Edy yang juga wartawan dan anggota PPWI wilayah Bandar Lampung Provinsi Lampung menghubungi para advokat PPWI yang ada di Jakarta, agar segera membuat konstruksi hukum Pra Peradilan atas dugaan kesewenang-wenangan anggota Penyidik dari Polres Lampung Timur yang menangkap, menahan, dan memukuli wartawan yang diduga melakukan pemerasan.

Ditempat terpisah, salah satu advokat yang ditunjuk Ketum PPWI dari organisasi Pengacara Republik Indonesia (PRI) Advokat Ujang Kosasih, mengatakan, berdasarkan bukti LP tertanggal 8 Maret 2022, bukti penangkapan dan penahanan tertanggal 8 Maret 2022, membuktikan bahwa penyidik Polres Lampung Timur menunjukkan dugaan kecerobohan dan kebodohan, sehingga mencoreng institusi Polri.

Advertisement

“Jelas tertanggal 8 Maret 2022, oknum wartawan yang diduga melakukan pemerasan dilaporkan oleh korban, mestinya dipanggil dahulu secara patut, jika panggilan 1, panggilan 2 dan panggilan 3, yang dipanggil tidak hadir barulah upaya paksa dilakukan oleh penyidik Polres Lampung Timur,” tutur Ujang Kosasih.

Masih dalam keterangan Ujang Kosasih, pria yang selalu menyuarakan cipta keadilan yang berkepastian hukum ini, menduga jika penyidik Polres Lampung Timur telah menyalahgunakan wewenang tindakan upaya paksa, penangkapan, penahanan dan penyiksaan yang merupakan bentuk pemerkosaan terhadap hak asasi manusia seseorang.

“Oleh karena itu, perlu pengawasan dari lembaga yang kita kenal Pra Peradilan,” pungkas Ujang Kosasih kepada KM (12/3).

Reporter : Ade Irawan

Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: