Gubernur Jambi Terima Penghargaan dari BAZNAS Pusat

Gubernur Jambi Al Haris menerima penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Hotel Sultan Jakarta, Senin (17/1/2022)

JAKARTA (KM) –  Gubernur Jambi Al Haris menerima penghargaan  dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam Baznas Award 2022 untuk kategori Gubernur Pendukung Gerakan Zakat Indonesia. Penghargaan diserahkan oleh Ketua Baznas Noor Ahmad di Hotel Sultan Jakarta, Senin (17/1).

Saat diwawancara, Gubernur Jambi yang akrab disapa Al Haris menyampaikan sejarah awal mula zakat di Indonesia hingga terbentuknya Baznas.

“Zakat ini sudah ada sejak  masa Presiden Soekarno,  semangatnya adalah untuk menggerakkan orang untuk berzakat, berbagi harta namun belum secara terstruktur. Nah sekarang lembaganya sudah ada, Baznas ini menjadi tempat menyalurkan zakat  yang benar,” ujarnya.  

“Agar warga lebih merespon bahwa sekeliling kita masih banyak kelompok orang-orang yang membutuhkan bantuan kita, ada orang miskin, anak putus sekolah dan sebagainya. Untuk itu pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan, Pergubnya,Perdanya. Agar ada kekuatan hukumnya, ” lanjutnya.

Selanjutnya Al Haris juga menyampaikan potensi Provinsi Jambi yang dinilai cukup besar dalam penghimpunan dana zakat.

“Jambi memiliki potensi yang cukup besar, terdapat 11.000 ASN Provinsi Jambi, kalau zakat 2,5% berapa? Kita bisa memperoleh dana 20 Milyar setahun untuk menarik mereka (ASN) berzakat, belum lagi potensi swasta. Ini memberikan banyak hal positif, kalau kita pakai APBD kan repot, tahun depan anggarannya masih lama. Kalau zakat kan lebih cepat, maka ini penting dan Jambi luar biasa bekerjasama dengan Baznas. Ini bisa kita perkuat, kita ajak warga untuk lebih banyak lagi berzakat”, ungkapnya.

Selain Provinsi Jambi, yang menerima Penghargaan Baznas Award ada juga Gubernur Jawa Timur, DKI JAKARTA Jawa Tengah,  Sumatera Selatan, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jambi Sumatera Barat, Bengkulu, Riau dan  Kalimantan Timur yang menerima penghargaan dalam kategori yang sama.

Advertisement

Sementara itu Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Efendi, M.A.P dalam sambutan menyampaikan apresiasinya atas kerja keras Baznas bersama jajaran dan steakholder yang dinilai sangat inovatif dan kreatif dalam rangka turut serta meringankan beban ekonomi masyarakat, terutama yang terdampak secara langsung dari pandemi covid-19.

Sedangkan sebelumnya, Ketua Baznas Prof. Dr. KH. Noor Ahmad,MA, menyampaikan pemberian Baznas Award 2022 bertujuan untuk memotivasi semua stakeholder, agar terus melakukan inovasi dan peningkatan zakat. Agar zakat dapat dirasakan oleh masyarakat yang kurang mampu.

“Tahun ini Baznas telah berusia 21 tahun, kembali menganugerahi penghargaan BAZNAS AWARD. Masyarakat telah memberikan kepercayaan kepada Baznas, sehingga Zakat dan Amil kami tahun ini telah mengalami peningkatan sebesar 133%, dan dari berbagai lembaga Survey BAZNAS menempati urutan tertinggi,” katanya.

” InsyaAllah, selanjutnya kami akan menghimpun dana abadi untuk Bencana dan pendidikan, dengan melaksanakan pengelolaan zakat mengikuti kaidah tiga aman: Aman Syar’i,  Aman Regulasi, dan Aman NKRI,” ujarnya.

Dalam acara ini diberikan pula penghargaan Lifetime Achievement kepada keluarga mantan Presiden RI antara lain kepada Ilham Habibie dan Alisa Wahid. Ada lagi penghargaan untuk tokoh nasional, lembaga negara, pemerintah daerah, hingga artis pendukung gerakan zakat.

Reporter: DH

Editor: MS

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: