Warga Binong Pamarayan Protes Namanya Dicoret dari Daftar Penerima Bansos

Penyerahan Dana Desa Binong, Serang Banten (17/8/2021)

SERANG (KM) – Program bantuan langsung tunai yang bersumber dari Anggaran Dana Desa tentunya sangat diharapkan oleh masyarakat yang terkena dampak pandemi covid-19. Apalagi dengan kelanjutan penerapan PPKM yang membatasi kegiatan masyarakat, membuat perekonomian masyarakat terhambat.

Beberapa warga mengaku dicoret dari daftar penerima bansos dan mengaku kecewa karena tidak melalui pemberitahuan dulu. Warga tersebut antara lain Apiah, Sanati, Rasmah, Indra, Haerudin, Indra dan Suminar.

Pencoretan ini terjadi di Desa Binong, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Banten seperti keluhan mereka pada kupasmerdeka.com pada Selasa 17/8.

Apiah juga mengaku orang tuanya juga dicoret dari daftar penerima. “Orang tua saya, (Rasmah) juga dicoret, padahal orang tua saya layak mendapatkan BLT karena sudah tua, dan tidak mempunyai pekerjaan lagi,” kesalnya. 

Saat dikonfirmasi, Kaur Keuangan Desa Binong, Dede menjelaskan bahwa data itu bukan dicoret, tapi disortir karena data tersebut penerima manfaat dari program PKH atau BPNT. 

Advertisement

“Jadi tidak boleh merangkap bansos BLT.  Pembagian BLT di tahun 2020 tahap 1- 2, data BLT Dana Desa adalah 110 orang, tahap 3 terjadi penambahan data sejumlah 282 orang,” terangnya.

Tahun 2021 pembaharuan data dari 282 orang menjadi 183 dan itu data bersih, artinya tidak pernah mendapatkan program bansos lain selain BLT Dana Desa.

“Terjadinya pengurangan data BLT DD karena pengalihan anggaran untuk kegiatan-kegiatan desa yang dialokasikan ke berbagai program keagamaan dan infrastruktur yang kami pangkas sehingga mengakibatkan minim anggaran,” tambahnya.

“Terlebih menghadapi masa-masa transisi karena penanggungjawabnya adalah Pelaksana Tugas atau PLT kepala desa, bukan kepala desa definitif. Karena yang kami khawatirkan ataupun riskan, ketika terjadi pemeriksaan. Kami tidak ingin memberatkan PLT tersebut,” pungkasnya.

Reporter: Acun Sunarya

Editor: MSO

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: