Wali Kota Bukittinggi Serahkan Bantuan Program Rehabilitasi Warung dari Baznas Kota Bukittinggi

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar saat penyerahan bantuan Program Rehab Warung dari Baznas

BUKITTINGGI (KM) – Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menyerahkan bantuan program rehabilitasi warung dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi kepada sembilan warung di tiga kecamatan. Penyerahan bantuan tersebut diselenggarakan di Lapau Batu, Kelurahan Bukit Apit Puhun, Kamis 26/8.

Ketua Baznas Kota Bukittinggi, Masdiwar menyebutkan bahwa program bedah warung digagas oleh Wali Kota Bukittinggi Erman Safar untuk dilaksanakan oleh Baznas Kota Bukittinggi. 

“Program ini merupakan pengganti program rehab rumah yang dilaksanakan oleh Baznas sebelumnya karena tahun 2021 ini Pemko Bukittinggi juga menjalankan Program Bedah Rumah,” ujarnya.

Masdiwar lebih lanjut mengatakan, sebagai tahap awal, program rehab warung dianggarkan untuk merehab sebanyak sembilan warung di sembilan kelurahan di Kota Bukittinggi, dengan perincian di Kecamatan Mandiangin Koto Salayan sebanyak 4 warung, Kecamatan Guguk Panjang sebanyak 3 warung dan di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh sebanyak 2 warung.

“Total dana yang dikucurkan untuk tahap awal ini sebesar Rp108 juta, dengan tiap-tiap warung menerima bantuan sebesar Rp12 juta. Penggunaan dana bantuan tersebut ditujukan untuk biaya rehab dan tambahan modal isi warung,” jelas Masdiwar.

Wali Kota Erman Safar dalam sambutannya mengucapkan apresiasi atas program yang dilaksanakan oleh Baznas tersebut.

“Bantuan tersebut sangat membantu meringankan beban masyarakat dan dalam upaya menyejahterakan masyarakat ke depannya. Dan program-program seperti inilah yanq  dibutuhkan masyarakat dalam kondisi saat ini,” ujarnya.

Erman juga menyebutkan program seperti ini ke depannya juga diupayakan dengan penyelenggaraan pelayanan yang aktif serta responsif dari SKPD terkait.

“Selain program rehab warung, kita akan menerapkan layanan aktif di seluruh instansi, yaitu layanan jemput bola. Setiap kita menerima keluhan masyarakat, saya langsung perintahkan lurah dan camat untuk langsung survei ke lapangan dan dari hasil survei langsung diturunkan bantuan,” terangnya.

Pihaknya berharap bantuan dana yang telah dikucurkan untuk program rehab warung ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, serta digunakan oleh warga penerima bantuan sesuai dengan tujuan dari program itu sendiri.

Reporter: Warman

Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*