Pasien Covid-19 Menggila, RSUD Kota Bogor Aktifkan Kembali Rumah Sakit Lapangan

penuhi kebutuhan pasien, RSUD Kota Bogor buka RS Lapangan, Kamis (1/7/2021)

BOGOR (KM) – Terjangkitnya warga dengan penyakit covid-19, baik dengan gejala maupun tanpa gejala, terus bertambah di Kota Bogor. Oleh karena itu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor berencana mulai memasukkan pasien covid-19 ke Rumah Sakit (RS) Lapangan Kota Bogor mulai Kamis 1/7.

Rencananya, sebanyak 18 pasien covid-19 yang sudah menjalani perawatan di RSUD Kota Bogor bakal dipindahkan ke RS Lapangan.

“Mudah-mudahan pada hari ini, 18 pasien dirujuk ke RS Lapangan, dari RSUD Kota Bogor,” ungkap Dirut RSUD Kota Bogor dr. Ilham Chaidir kepada awak media.

“Ke-18 pasien itu, gejalannya sedang dan berat, sudah kritis,” tambahnya.

Menurut Ilham, alasan harus ke RS Lapangan karena pasien covid-19 yang mengantre di RSUD Kota Bogor saat ini sudah banyak. Bahkan, pihaknya terpaksa menutup sementara IGD umum untuk saat ini.

“Ya walaupun begitu, RS Lapangan belum 100 persen dibuka untuk pelayanannya. Sebab, pihaknya akan menerima pasien covid-19 dengan menyesuaikan kemampuan SDM tenaga kesehatan yang dimiliki,” katanya.

Advertisement

“SDM kita hanya mampu menampung 18 bed, sambil kita mencari SDM lagi agar bisa ditambah lagi jumlah yang bisa ditampung, namanya usaha,” ujarnya.

Ilham juga mengatakan, pihaknya juga akan menyediakan empat dokter umum dan dua dokter spesialis di RS Lapangan. Sementara untuk obat-obatan sama seperti yang ada di RSUD Kota Bogor.

“Mudah-mudahan bisa menekan, jadi kita berusaha yang terbaik, apapun hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT,” kata Ilham.

Sebelumnya, RSUD Kota Bogor memutuskan akan mengoperasionalkan Rumah Sakit (RS) Lapangan mulai Kamis sore ini 1/7. Keputusan ini diambil menyusul jumlah pasien terpapar covid-19 semakin tinggi di Kota Bogor.

“Rencana dibuka besok (Jum’at), cuma kita putuskan dipercepat untuk dibuka sore ini, kita langsung jalankan,” tegas Ilham.

Reporter: ddy
Editor: MSO

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: