Pemkot Bogor Dorong Aktivasi Pasar Modern BCP Cilendek, Tampung 300-400 Pedagang

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim dan dinas terkait saat meninjau BCP Cilendek Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Senin 26/4/2021 (dok. KM)
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim dan dinas terkait saat meninjau BCP Cilendek Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Senin 26/4/2021 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Di seluruh wilayah Kecamatan Bogor Barat, dengan 16 kelurahannya, hanya ada satu pasar yang sampai saat ini masih beraktivitas, yakni Pasar Gunung Batu. Sehingga, Pemerintah Kota (Pemkot) berencana akan mengaktivasi pasar lainnya.

Salah satunya adalah pasar modern Bogor Center Point (BCP) yang ada di Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat. Sehingga, saat BCP sudah diaktivasi nanti, masyarakat yang tinggal di beberapa wilayah bisa terlayani dengan adanya pasar baru tersebut.

“Kita harapkan masyarakat yang ada di lingkungan wilayah Yasmin, Semplak, Semeru, Bubulak, atau Sindangbarang bisa memanfaatkan atau berbelanja di pasar BCP ini,” ungkap Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim saat meninjau pasar modern BCP, Senin 26/4.

Menurut Dedie, selama ini banyak masyarakat karena tidak adanya pasar yanh dekat, akhirnya berbelanja di wilayah lain, seperti Pasar Kebon Kembang atau Pasar Bogor.

Dedie berharap, pasar modern BCP bisa diaktivasi tahun ini. Dengan kerja sama pula antar pengelola BCP dan Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ), ada sekitar 300 hingga 400 pedagang yang bisa ditampung.

“Ya terutama pedagang sayur mayur, kemudian daging, daging olahan dan lain sebagainya. Nah yang sedang kita persiapkan sekarang adalah apa saja fasilitas-fasilitas penunjang seperti parkiran, pengelolaan sampahnya, termasuk juga tadi saluran pembuangan air. Penyediaan untuk air bersih, untuk cuci dan lain sebagainya sudah kita persiapkan,” terang Dedie.

Advertisement

Pedagang yang nanti akan mengisi kios juga diprioritaskan dari UMKM Kota Bogor. Mereka yang semua akan ditampung dan diakomodir di pasar BCP, adalah mereka yang belum mendapatkan atau mempunyai kios di pasar lainnya.

“Kerjasamanya nanti akan diatur lagi seperti apa, bagaimana nanti yang paling idealnya,” kata Dedie.

Di tempat yang sama, Direktur Operasional (Dirops) Perumda PPJ Kota Bogor, Deni Ari Wibowo mengaku memang saat ini pola kerjasamanya belum dirancang seperti apa. Namun yang pasti, pihaknya terus mendukung terwujudnya aktivasi pasar BCP ini.

“Seperti apa nanti akan dibahas lebih lanjut. Tapi kami mendorong agar terealisasi, untuk menambah pasar wilayah Bogor Barat. Berapa-berapanya juga bagi hasil belum dibicarakan. Karena ada beberapa fasilitas yang belum dilihat masih dalam pemetaan,” pungkas Deni.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: