Pertanyakan Masalah Pengelolaan, Pemkot Bogor dan TNI Geruduk Pasar TU Kemang

Forkopimda Kota Bogor saat sidak di Pasar Tekum Kemang Kota Bogor, Senin 22/3/2021 (dok. KM)
Forkopimda Kota Bogor saat sidak di Pasar Tekum Kemang Kota Bogor, Senin 22/3/2021 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Berbagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan DPRD Kota Bogor diambil dalam upaya mengambil alih pengelolaan Pasar Teknik Umum (Pasar Tekum) dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar itu yang berlokasi di Jalan Sholeh Iskandar Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Senin 22/3.

“Kehadiran kami (Forkopimda) dan Korem 061/SK ini meminta pihak PT. Galvindo Ampuh untuk berkoordinasi kepada Pemkot Bogor menyangkut pelaksanaan operasional Pasar Tekum Kota Bogor yang seharusnya sudah diserahkan sejak lama,” ungkap Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim usai Sidak Pasar Tekum.

“Ya ini proses untuk meminta kepada PT. Galvindo Ampuh berkoordinasi kepada Pemkot Bogor perihal operasional Pasar Tekum, untuk hal-hal lain kita duduk bersama untuk mencari solusi dan kesepakatan,” tambah Dedie.

Advertisement

Mantan Direktur di KPK tersebut juga menyampaikan, Pasar Tekum ini sejak tahun 2007 seharusnya sudah diserahkan pengelolaannya kepada Pemkot Bogor. “Maka yang sekarang ini kita meminta PT. Galvindo berkoordinasi dengan Pemkot,” ujar Dedie.

Diketahui, perjanjian antara Pemkot Bogor dengan PT. Galvindo Ampuh untuk mengelola Pasar TU berlaku dari tahun 2001 sampai dengan 2007. Namun PT. Galvindo Ampuh memiliki Hak Guna Bangunan (HGB) di Pasar Tekum hingga 2034. Permasalahan Pasar Tekum hingga hari ini belum ada titik kejelasan meskipun putusan Pengadilan Tinggi Jawa Barat Nomor 320/PDT/2020/PT BDG tertanggal 27 Juli 2020 menyatakan bahwa hak pengelolaan Pasar Tekum Kemang Kota Bogor tersebut sudah menjadi hak Pemerintah Kota Bogor.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: