Dorong Kelestarian Tradisi Menenun, ILNAS dan Rumah Cinwa Gelar Webinar “Selayang Pandang Tenun Ende”

Agenda webinar nasional bertajuk
Agenda webinar nasional bertajuk "Selayang Pandang Tenun Ende" (dok. KM)

DEPOK (KM) – Institut Literasi Nasional (ILNAS) bekerjasama dengan Rumah Cinta Wayang (Cinwa) akan menyelenggarakan kegiatan webinar bertajuk “Selayang Pandang Tenun Ende: Merawat Tradisi Menenun di Masa Pandemi” pada Rabu, 24 Maret 2021 mendatang.

Direktur Eksekutif Rumah Cinwa, Dwi Woro Retno Mastuti saat dikonfirmasi KM kemarin 20/3 mengatakan bahwa latar belakang digelarnya webinar ini adalah karena kondisi masa pandemi yang tidak memungkinkan terjadinya perjalanan manusia antar daerah dan antar pulau, akibatnya, sangat sedikit turis yang datang ke Ende.

“Juga tak ada lagi pameran-pameran galeri tenun di Jakarta selama 2020, padahal tradisi tenun telah menjadi salah satu sumber ekonomi rumah tangga di sana. Berdasarkan keprihatinan itu, webinar ini akan mengajak audiens menyaksikan cerita bapak Ali Abubekar Pae, pimpinan Sanggar Budaya Sawonga Ende untuk menceritakan bagaimana tradisi menenun tetap dipertahankan di Ende,” jelas Dwi Woro.

“Di dalam webinar ini juga akan kita dengarkan pengalaman M. Arif Wicaksono yang melakukan penelitian tentang tenun Ende selama tahun 2020. Webinar ini juga mengajak audiens untuk peduli dan memperhatikan masyarakat daerah, dalam hal ini Ende, yang berusaha mempertahankan tradisi menenun, karena kepedulian itu adalah hakikat dari mencintai budaya sendiri yang merupakan bentuk nyata nasionalisme,” lanjutnya.

Adapun peserta yang mengikuti webinar dibatasi 100 orang, sesuai batas maksimal aplikasi Zoom. Peserta adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, komunitas pencinta wastra nusantara, komunitas perempuan berkebaya, dan masyarakat umum pencinta tenun Ende.

“Harapannya adalah, situasi pandemi ini memang situasi yang sulit bagi kita semua, namun demikian, semoga kita tetap bisa membantu masyarakat daerah menjaga tradisi mereka sebagai pilar kebhinekaan bangsa Indonesia,” pungkas Dwi Woro yang didapuk menjadi moderator dalam webinar yang akan digelar tersebut.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*