Pemdes Sukaharja Ciomas Pungut Hingga Rp2 Juta untuk Sertifikasi Tanah PTSL, Disetorkan ke Kades

Kantor Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Bogor (dok. KM)
Kantor Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Warga Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, mengeluhkan biaya program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) yang ditentukan pihak Desa yang mencapai Rp2 juta per bidang tanah.

Sementara berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, besaran biaya PTSL di wilayah Jawa dan Bali sebesar Rp150 ribu per bidang.

“Pihak desa memberikan biaya untuk PTSL warga Sukaharja sebesar Rp650 ribu per bidang tanah, sementara untuk warga luar mencapai Rp2 juta lebih,” ungkap seorang warga yang enggan disebut identitasnya kepada KM,” Jumat 19/2.

“Setahu kami warga, biaya dalam pengurusan PTSL sudah ditetapkan hanya sebesar Rp150 ribu,” tambahnya.

Advertisement

Ia juga mengatakan, biaya PTSL itu harus dibayarkan kepada Kepala Desa (Kades), agar prosesnya segera berjalan.

“Ya untuk bayar PTSL nya nanti langsung ke Kades saja, sesuai biaya untuk warga disini Rp650 ribu dan yang dari luar Desa Rp2 juta,” tegas sumber.

Untuk memperkuat SKB 3 Menteri, Bupati Bogor juga sudah mengeluarkan surat keputusan dalam pembiayaan PTSL, menyebut biaya PTSL hanya Rp150 ribu.

Sementara Camat Ciomas Kabupaten Bogor Chairuka Judhianto belum merespon awak media terkait ada beban biaya di luar aturan SKB 3 Menteri di Desa Sukaharja.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*