Pandemi Berkepanjangan Tuntut Para Guru untuk Terus Kembangkan Kreativitas dalam Mendidik dari Jarak Jauh

SUBANG (KM) – Ditetapkannya kegiatan belajar mengajar jarak jauh (daring) bagi sekolah-sekolah memberikan tantangan tersendiri bagi guru-guru pengajar. Hal tersebut disampaikan oleh Ade Ganda Mulyana, Pengelola Administrasi Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang.

“Masa pandemi yang terus melanda Indonesia ini, dan khususnya juga di Kecamatan Dawuan, menetapkan sekolah terus melanjutkan pembelajaran daring. Maka mengharuskan guru-guru terus berkreativitas dalam mendidik,” ungkap Ade kepada awak media, Senin 1/2.

“Ya kreativitas dalam sistem belajar daring, menjadi tantangan para guru,” tambah Ade.

Ade juga mengatakan, kunci efektivitas dari pembelajaran daring adalah bagaimana seorang guru tetap kreatif untuk menyajikan pembelajaran daring, secara menyenangkan dan mudah dimengerti, sehingga para siswa tidak merasa bosan dan tetap produktif di rumah.

Advertisement

“Tantangan ini sangat positif di antaranya adalah untuk menunjukkan kemampuan guru dalam memanfaatkan media teknologi, dengan presentasi Zoom, penugasan-penugasan via Google Classroom, pre-test atau post-test dengan kuis,” ujar Ade.

Di samping itu, lanjut Ade, peran orang tua siswa sangat diharapkan, dengan berusaha memotivasi anak untuk disiplin belajar, semangat dalam melaksanakan tugas, aktif dalam sesi presentasi, dan menghidupkan interaksi online dengan guru-guru dan teman-teman.

“Ya itu menjadi kolaborasi antara orang tua dan pihak sekolah. Guru harus kreatif dalam meramu materi, menggunakan metode yang menyenangkan, dan memberikan tugas-tugas yang dapat menstimulasi siswa untuk bertanya kepada baik kepada guru, teman sekelas, maupun orang tua mereka,” pungkas Ade.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: