Proyek Gapura Situs Gunung Batu Terindikasi Langgar UU KIP

Pekerjaan Gapura Situs Punden Berundak di Pasirmulya senilai Rp98.010.781,00 (dok. KM)
Pekerjaan Gapura Situs Punden Berundak di Pasirmulya senilai Rp98.010.781,00 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Proyek pembangunan Gapura Situs Punden Berundak Gunung Batu yang berlokasi di Kelurahan Pasirmulya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, yang dilaksanakan oleh kontraktor CV. Rayyan dengan dana anggaran yang berasal dari hibah pariwisata senilai Rp98.010.781,00 diduga kuat menyalahi aturan dan tidak sesuai dengan nilai proyek.

Berdasarkan penelusuran dan pantauan kupasmerdeka.com di lokasi, tidak terpasang papan informasi, serta nominal nilai proyek diduga kuat tidak sesuai dengan hasil yang dikerjakan.

Hal ini mengindikasikan bahwa pelaksana proyek tersebut melanggar UU Keterbukaan Informasi Publik serta Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (“Permen PU 29/2006”) dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (Permen PU 12/2014).

Pekerja di lokasi pun mengaku tidak mengetahui dengan rinci anggaran maupun dari mana pekerjaan ini.

Advertisement

“Ya sebaiknya hubungi saja perusahaan dan pengawasnya,” ungkapnya kepada KM, Sabtu 19/12.

Sementara koordinator pelaksana CV. Rayyan, Reza, mengatakan bahwa pekerjaan ini berasal dari dana Hibah Pariwisata sebesar Rp98.010.781,00 dengan pekerjaan gapura, pengecatan dan pembersihan lingkungan situs,” ungkap Reza.

Perihal papan informasi, Reza mengaku bahwa sejak awal pekerjaan pihaknya tidak memasang papan informasi. “Karena waktu pekerjaan hanya 21 hari, dan ada kesalahan dalam penulisan papan informasi,” katanya.

Ditanya masalah Rencana Anggaran Biaya (RAB), Reza mengklaim bahwa, pekerjaan sudah sesuai RAB dari Dinas.

“Ya RAB sesuai dengan apa yang ada, kami sudah laporkan semua, karena pekerjaan juga hari ini sudah selesai,” terang Reza.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: