Haul Syekh Abdul Qodir Jailani Dipenuhi Jamaah di Tangerang, Apakah Melanggar Protokol Kesehatan?

TANGERANG (KM) – Kegiatan Haul Syekh Abdul Qodir Jailani dipenuhi jamaah di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah asuhan KH. Uci Turtusi atau Abuya Uci, Kampung Cilongok, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Minggu 29/11.

Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang Hery Heryanto mengatakan bahwa sosialisasi secara gencar terus dilakukan untuk antisipasi penularan covid-19.

“Dari awal jauh-jauh hari acara sudah kami imbau untuk mencegah kerumunan. Bahkan kami juga selalu berkoordinasi dengan instansi lainnya, seperti unsur Polri dan TNI. Semua yang datang pakai masker, tapi jaga jarak sulit untuk diterapkan,” ucap Hery.

Sosialisasi secara gencar terus dilakukan oleh Satgas Covid-19 untuk mengantisipasi penularan corona. Namun, kenyataan di lapangan ditemukan sejumlah indikasi pelanggaran protokol kesehatan.

“Memang ada pelanggaran protokol kesehatan. Kami sedang menyiapkan bahan untuk laporannya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kapolresta Tangerang Kombes Pol. Ade Ary Syam Indradi memimpin pengecekan persiapan pelaksanaan Haul Syeh Abdul Qodir Jailani tersebut. Ade memastikan agar pelaksanaan haul di pondok pesantren asuhan KH. Uci Turtusi atau Abuya Uci itu berjalan sesuai dengan ketetapan pelaksanaan protokol kesehatan.

Advertisement

“Prinsipnya kami tidak melarang acara keagamaan namun tetap mengedepankan protokol kesehatan yakni tidak menimbulkan kerumunan. Kami juga mengapresiasi Abuya Uci yang akan menyelenggarakan kegiatan haul secara virtual. Sehingga jemaah yang dapat hadir langsung pada acara itu dibatasi. Hal itu agar pelaksanaan protokol kesehatan dapat dilaksanakan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Ade kembali mengimbau agar jemaah tidak perlu hadir atau datang langsung ke pondok pesantren asuhan Abuya Uci. Sebab acara haul dapat diikuti secara virtual melalui media sosial dan disiarkan langsung salah satu televisi.

“Langkah ini sebagai bentuk kepatuhan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan. Teladan ini adalah pelajaran yang harus kita sama-sama jadikan contoh untuk selalu menaati protokol kesehatan,” pungkasnya.

Reporter: Marsono
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*