Warga Desa Batusari ini Temukan Bunga Bangkai di Belakang Rumahnya

(dok. KM)
(dok. KM)

SUBANG (KM) – Ira Murniati, seorang warga Kampung Babakan Royom RT 09 RW 03 Desa Batusari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, terkejut ketika menemukan seonggok bunga bangkai (Amorphophallus titanum) tumbuh liar di belakang rumahnya. Bunga yang sangat langka tersebut ditemukan Ira saat bersih-berih di kebunnya, Selasa 17/11 kemarin.

“Ya betul kemarin saya temukan bunga bangkai yang masih kecil di belakang rumah saya saat saya sedang bersih-bersih kebun rambutan dan sekarang bunga bangkai tersebut saya rapikan dan saya pelihara biar tampak lebih indah,” ungkap Ira saat ditemui KM siang ini.

Ira juga menyebutkan bahwa bunga tersebut memiliki mahkota yang mengandung pigmen antosianin yang menimbulkan warna merah jambu hingga ungu di mahkotanya ketika bunga tersebut sudah mekar dan tangkai daunnya bertekstur lunak dan berwarna hijau muda atau hijau tua. Seperti bunga bangkai pada umumnya, Amorphophallus titanum merupakan bunga yang dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan cahaya matahari yang minim.

“Selain itu, bunga bangkai memiliki tekstur kasar serta dapat tumbuh hingga 1,5 meter, memiliki umbi yang seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai makanan ataupun obat-obatan tradisional,” pungkasnya.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*