Pjs Bupati Bengkulu Selatan Pimpin Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi

Pjs Bupati Bengkulu Selatan saat menyampaikan kata sambutannya pada Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi pada Jum'at (06/11/2020).
Pjs Bupati Bengkulu Selatan saat menyampaikan kata sambutannya pada Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi pada Jum'at (06/11/2020).

BENGKULU SELATAN (KM) – Penjabat sementara (Pjs) Bupati Bengkulu Selatan (BS) Isnan Fajri memimpin Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi di Lapangan Sekundang Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Jumat 6/11.

Dalam kata sambutannya Pjs Bupati mengatakan bahwa Kabupaten Bengkulu Selatan merupakan wilayah yang termasuk rawan akan bencana. Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang diakibatkan parameter meteorologi seperti curah hujan, kelembaban, temperatur, dan angin. Contohnya, banjir, angin puting beliung, longsor, abrasi, hingga gelombang pasang.

“Untuk mengantisipasi kerawanan yang mungkin terjadi seiring dengan masuknya musim penghujan di daerah Bengkulu Selatan maka kita perlu melakukan berbagai macam kesiapan dan antisipasi dalam menghadapi setiap potensi bencana yang terjadi,” kata Isnan.

Di tambahkannya, “Dengan adanya potensi itu, maka kita harus siap siaga dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi, salah satunya bencana hidrometeorologi. Apel ini sebagai bentuk kesiapsiagaan seluruh elemen di Bengkulu Selatan,” jelas Isnan dalam sambutannya.

Advertisement

Terpisah, Kapolres BS AKBP Deddy Nata menilai bahwa keberhasilan penanggulangan bencana ini tentunya bergantung pada sistem penanggulangan bencana dengan penunjang sarana dan prasarana yang mumpuni, serta koordinasi yang baik antar stakeholder dan masyarakat di wilayah rawan bencana.

“Mari kita bahu membahu terus melatih terkait dengan kesiapsiagaan demi mewujudkan budaya siaga bencana melalui rencana aksi daerah dalam pengurangan resiko bencana,” ajak Deddy.

Apel tersebut diikuti jajaran Forkopimda BS, Kapolres BS, Kepala OPD Kabupaten BS, Kepala OPD Vertikal Kabupaten BS, Pejabat Utama Polres BS dan Pejabat Utama Kodim 0408 BSK.

Reporter: KM Bengkulu
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*