Buku “The Golok” Versi Bahasa Belanda Akan Diluncurkan Januari 2021

Cover buku
Cover buku "The Golok" berbahasa Belanda (dok. KM)

TANGERANG (KM) – Kabar gembira datang dari markas Seni Golok Indonesia (SGI), pasalnya buku “The Golok” hasil karya Ki Kumbang dan Linda Turci akan segera diluncurkan di negeri Belanda dengan versi yang sudah dialihbahasakan ke Bahasa Belanda.

Buku yang menceritakan tentang sejarah golok menurut manuskrip Sunda kuno “Sanghyang Siksa Kanda Ng Karesian” dan berisi tentang berbagai nama dan jenis golok, filosofinya, hasil uji laboratorium metalurgi, dan teknik penggunaan golok pada pencak silat, akan segera diterbitkan di Belanda pada awal tahun 2021 dalam edisi Bahasa Belanda dan Bahasa Inggris.

Buku “The Golok” edisi Belanda ini diterjemahkan oleh Sergio Sodikromo, yang merupakan pesilat dari perguruan Ular Naga di Vlissingen, Belanda. Menurutnya, buku “The Golok” ini sangat menarik karena membahas keseluruhan tentang golok, yang pada saat ini umumnya dipakai sebagai senjata pesilat.

Advertisement

Ki Kumbang yang merupakan penulis buku “The Golok” dan juga pelopor gerakan Golok Goes to UNESCO mengapresiasi tinggi berbagai upaya yang dilakukan dalam mengenalkan buku “The Golok” dalam berbagai versi bahasa, termasuk ke dalam bahasa Belanda.

“Ini adalah langkah yang bagus bagi seluruh masyarakat di dunia untuk dapat lebih mengenal tentang golok yang merupakan senjata asli bangsa Indonesia yang berasal dari tanah Sunda,” jelas Ki Kumbang kepada KM Selasa 17/11 siang.

Rencananya, buku ini akan diterbitkan dan diedarkan oleh NPSF (Netherlands Pencak Silat Federation) pada bulan januari 2021 agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Belanda.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*