Sidang Kasus Sekdis DPKPP Kabupaten Bogor, Dakwaan JPU Berbeda dengan Keterangan Saksi

Sidang Kasus Sekdis DPKPP Kabupaten Bogor di Pengadilan Tipikor Bandung, Jumat 18/9/2020 (dok. KM)
Sidang Kasus Sekdis DPKPP Kabupaten Bogor di Pengadilan Tipikor Bandung, Jumat 18/9/2020 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Dalam sidang lanjutan kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang menjerat mantan Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor Iryanto yang digelar Pengadilan Tipikor Bandung pada Jumat 18/9, Hakim anggota, Femina, dalam persidangan yang dipimpin Hakim Ketua Rifandaru mempertanyakan isi dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang “tidak sesuai dengan keterangan saksi.”

“Dalam dakwaan JPU ada keterangan bahwa saksi Jackson ditelepon Iryanto pada tanggal 03 Maret 2020 ada kata-kata ‘galonnya sudah siap’, benarkah ada kata-kata seperti itu kepada anda?” ungkap Femina dalam persidangan.

Saksi Jackson Boy pun dengan tegas menyatakan bahwa tidak ada kata-kata “galon” saat ditelepon oleh Iryanto. “Seingat saya tidak ada kata-kata itu,” tegas Jackson.

Ketika Hakim Femina mempertanyakan hal tersebut, JPU dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor, Yusie, menjawab bahwa kata-kata itu didapat dari keterangan Sony Priadi.

Advertisement

Sementara dalam kesaksiannya, Jackson Boy mengaku bahwa ketika melihat banyak polisi berada di ruangan Iryanto pada saat OTT, ia mempertanyakan keberadaan Kepala DPKPP Juanda Dimansyah saat itu, yang menurutnya seharusnya hadir. Namun, setelah dicari tahu, ternyata saat peristiwa OTT tersebut Kadis sedang istirahat salat ashar di musala.

Sayangnya, beberapa kali pewarta berusaha menghubungi Kepala DPKPP Kabupaten Bogor untuk dimintai keterangan, hanya ditemui petugas keamanan Dinas dan stafnya yang menyatakan bahwa Kadis tidak bersedia menemui wartawan karena ada “agenda Dinas”.

Diketahui, sidang lanjutan kasus Sekdis DPKPP Kabupaten Bogor itu menghadirkan saksi internal DPKPP, Ferdi Firdaus dan Jackson Boy.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*