Karang Taruna Tunas Kencana Desa Cisaga Kelola Sampah Melalui Bank Sampah

Kepala Desa Cisaga dan Karang Taruna Tunas Kencana (dok. KM)
Kepala Desa Cisaga dan Karang Taruna Tunas Kencana (dok. KM)

SUBANG (KM) – Pemuda Karang Taruna Tunas Kencana RW 01 Dusun Cilameri, Desa Cisaga, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, menjadi salah satu Karang Taruna yang memiliki inovasi dan kreativitas dalam pengelolaan sampah rumah tangga.

Pemuda Karang Taruna Tunas Kencana mengelola sampah melalui bank sampah yang dibangun di lingkungan mereka. Hasil pengelolaan bank sampah itu dimanfaatkan untuk kegiatan bedah rumah warga kurang mampu, peringatan hari besar dan pengamanan acara-acara hajatan warga setempat.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengurangi sampah rumah tangga, dengan mengelola sampah plastik rumah tangga sebagai sumber pendapatan desa.

Ketua Karang Taruna Tunas Kencana, Karyadi, mengatakan bahwa tujuan dari bank sampah itu untuk “kebersihan lingkungan, membantu serta mempermudah pembuangan sampah rumah tangga, dan menambah pendapatan bagi Karang Taruna desa.”

“Ya, ini juga untuk mengurangi jumlah angka pengangguran,” tambahnya.

Advertisement

“Program ini merupakan dukungan dari Pemerintah Desa Cisaga. Mudah-mudahan desa kami ke depan bersih dari sampah,” ujarnya

Sementara itu Kepala Desa Cisaga Minto menyampaikan apresiasinya terhadap para pemuda Karang Taruna yang telah mengungkapkan program kerjanya. “Para pemuda Karang Taruna itu sedang mengembangkan pengelolaan bank sampah. Pengelolaannya berlandaskan nilai-nilai sosial,” katanya.

Minto mengungkapkan, apa yang dilaksanakan oleh para pemuda sebagai pelopor penggerak pengelolaan bank sampah itu bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

“Soalnya apa yang dilaksanakan para pemuda itu jarang dilakukan oleh warga lainnya. Mengingat dari hasil pengelolaan bank sampah ini dipergunakan untuk kegiatan sosial dan membantu masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi,” kata Kades.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*