Dinas UMKM Tanjungbalai: “Banpres Produktif Sudah Turun Bagi 303 Penerima, Namanya Dipajang di Kantor”

Kantor Dinas UMKM Tanjungbalai (dok. KM)
Kantor Dinas UMKM Tanjungbalai (dok. KM)

TANJUNGBALAI (KM) – Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah meluncurkan Banpres Usaha Mikro (BPUM) sebagai skema insentif tambahan bagi pelaku usaha mikro dan kecil agar dapat bertahan di tengah pandemi covid-19.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan bahwa program ini sudah mulai disalurkan sejak 17 Agustus lalu. Target penyaluran tahap pertama untuk 9,1 juta penerima manfaat, dengan total anggaran Rp22 triliun.

Kepala Dinas UMKM Tanjungbalai Nedi Hamlet mengatakan, sebanyak 8.856 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah didata oleh Dinas Koperasi dan UKM Tanjungbalai sudah diusulkan ke Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk mendapatkan dana hibah Bantuan Presiden (Banpres) Produktif.

“Keseluruhan jumlah pelaku UMKM itu mulai kita lakukan pendataan selama bulan Agustus 2020 sampai awal bulan September ini sesuai persyaratan yang telah ditentukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI,” kata Nedi kepada KM, Selasa 22/9 di ruangannya terkait program Banpres Produktif bagi usaha mikro di Tanjungbalai

Advertisement

Hingga 19 Agustus 2020 lalu, Banpres Produktif tersebut telah disalurkan di 34 provinsi untuk 1 juta penerima manfaat di tahap awal dengan total yang telah disalurkan mencapai Rp2,4 triliun.

Nedi Hamlet juga mengatakan bahwa Tanjungbalai “tidak ada batas kuota” bagi penerima Banpres tersebut.

“Tanjungbalai tak ada batas kuotannya, makanya kita berharap nama-nama yang kita ajukan bisa keluar semua, Karena itu semua keputusan dari pusat. Dinas UMKM Tanjungbalai hanya menginput, mendata dan mengirimkan nama-nama ke Kementrian UMKM,” terangnya.

Menurut Nedi, dari 8.856 yang diajukan, baru 303 yang keluar. “[Namanya] sudah kita pajangkan di papan pengumuman di Dinas UMKM agar masyarakat bisa melihatnya secara langsung serta membawa KTP nama yang bersangkutan serta jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Reporter: HENS
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

1 Comment

  1. M husni thamrin panjaitan 26/09/2020 at 6:38 pm

    Tlong di pross bantuan UMKM daerah tanjung balai asahan secara adil..
    Bantuan usaha kecil.. Blm juga cair

Leave a comment

Your email address will not be published.


*