YKKI Tegaskan Program “Indonesia Terang” tidak ada Hubungannya dengan Uang Pemerintah

Rapat Konsolidasi dan Koordinasi YKKI Dengan Mitra Kontraktor (dok. KM)
Rapat Konsolidasi dan Koordinasi YKKI Dengan Mitra Kontraktor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) “Indonesia Terang” merupakan program dari dana hibah yang tidak ada kaitannya dengan dana negara maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Yayasan Komunitas Kritis Indonesia (YKKI) Oscar Dany Susanto.

“Ini memang program yang didapat dari dana hibah, jadi saya pertegas program PJUTS Indonesia Terang, tidak ada sama sekali kaitan dengan dana pemerintah,” ungkap Oscar usai rapat konsolidasi dan koordinasi YKKI dengan mitra kontraktor, di Hotel Whiz Prime Bogor, Jalan Padjajaran Kota Bogor, Rabu 5/8.

“Untuk itu program ini tidak sama sekali berhubungan dengan KPK dan OJK,” tambah Oscar.

Oscar juga menyampaikan, yang mendapatkan hak dana hibah program ini adalah PT. Imza Rizky Jaya (RT. IRJ), yang Presiden Direkturnya adalah Rizayati.

“YKKI sendiri bersinergi untuk membantu mendistribusikan program ini, untuk seluruh Kota/Kabupaten seluruh Indonesia,” ujar Oscar.

Kata Oscar, program PJUTS Indonesia Terang akan memberikan upaya agar seluruh daerah di Indonesia mendapatkan lampu penerangan dengan tenaga matahari.

“Ya program ini untuk daerah dari Kota/Kabupaten dari Aceh sampai Papua,” kata Oscar.

Advertisement

Lebih lanjut Oscar mengatakan, ini merupakan program yang “bermanfaat untuk masyarakat, dan juga untuk membantu negara.”

“Sudah beberapa daerah yang berjalan, misal di wilayah Jawa Tengah, dan program ini untuk masyarakat tidak dipungut biaya sama sekali,” pungkas Oscar.

Di tempat yang sama, Kuasa Direktur PT. IRJ Deny Setiawan mengatakan, dalam program ini pihaknya memiliki visi dan misi yang selaras dengan YKKI, “maka itu perusahaan kami bekerjasama untuk menjalankan program ini.”

“Ya dimana perusahaan kami ini yang mendapatkan amanah untuk membuat program yang bermanfaat untuk masyarakat,” ungkap Deny.

Untuk itu, lanjut Deny, karena YKKI memiliki visi dan misi untuk mensejahterakan masyarakat, maka mereka bekerjasama untuk menjalankan program tersebut.

“Jadi ini merupakan program yang dijalankan PT. IRJ di Indonesia, dengan dana yang berasal dari rekanan-rekanan kami di luar negeri. Tentunya ini menjadi murni pendanaan yang dikelola PT. IRJ, dan ini tidak sama sekali terkait dengan dana negara,” tutup Deny.

Reporter: Rajiv
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*