Propam Polda Jabar Selidiki Dugaan Penjebakan Terhadap Sekdis DPKPP Kabupaten Bogor oleh Mantan Kasatreskrim Polres Bogor

Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kantor DPKPP, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa 3/3/2020 (dok.ceklissatu.com)
Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kantor DPKPP, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa 3/3/2020 (dok.ceklissatu.com)

BOGOR (KM) – Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Daerah (Propam Polda) Jawa Barat bertandang ke Markas Polisi Resor (Polres) Bogor pada Selasa 11/8 kemarin dalam rangka menindaklanjuti laporan Joddy Dwiki Irnanda dengan surat bernomor STPL/41/VII/2020/Bid Propam, yang berkaitan dengan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap mantan sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan, Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor oleh Satreskrim Polres Bogor pada 3 Maret 2020 lalu.

Surat laporan tersebut terkait dugaan terjadinya pelanggaran disiplin dalam pelaksanaan tugas oleh Kepala Polsek Cileungsi, AKP Beny Cahyadi, yang sebelumnya menjabat Kepala Satreskrim Polres Bogor.

Dengan isi laporan, AKP Beny Cahyadi diduga melanggar pasal 4 huruf (F) dan atau pasal 5 huruf (A) PPRI nomor 2 tahun 2003, tentang peraturan disiplin anggota Polri yang telah dilakukan dengan kawan-kawannya. Beny Cahyadi sebagai terlapor dalam laporan tersebut dikatakan melakukan “penjebakan dalam penangkapan dan penahanan seseorang”, sesuai nomor laporan polisi nomor : LP/41-B/VII/HUK.12.10/2020/Bid. Propam, tanggal 27 Juli 2020.

Humas Polda Jawa Barat membenarkan kedatangan Propam Polda Jawa Barat ke Polres Bogor terkait laporan tersebut.

“Benar, Propam Polda Jabar telah turun ke Polres Bogor untuk lakukan klarifikasi dari laporan tersebut,” ungkap Humas Polda Jabar singkat, saat dikonfirmasi KM, Selasa 11/8.

Pantauan di Mapolres Bogor, Cibinong, pada hari Selasa 11 Agustus 2020 sekitar pukul 10.00 WIB, terlihat delapan anggota Propam Polda Jawa Barat, yakni tiga polisi wanita dan lima polisi lelaki tiba di Mapolres Bogor, dengan mengendarai tiga unit mobil minibus dengan salah satunya dibranding Propam Jabar. “Anggota Propam Polda Jabar langsung menuju gedung Satuan Narkoba Polres Bogor, tepatnya ke tempat tahanan terdakwa mantan Sekdis DPKPP Kabupaten Bogor Iriyanto. Tidak berapa lama, seorang polisi membawa sebuah kotak dari dalam dan dimasukan ke mobil Propam tersebut.

Advertisement

Sang pelapor, Joddy Dwiki Irnanda, mengatakan bahwa pelaporan dirinya itu menyangkut penangkapan ayahnya yang merupakan mantan Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan, Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, oleh Satreskrim Polres Bogor pada 3 Maret 2020 lalu.

Menurut Joddy dalam perkara OTT yang menyeret ayahnya ke kursi pesakitan itu, dirinya menduga kuat ayahnya dijebak. “Sehingga untuk membuktikan dugaan saya itu, saya laporkan Benny Cahyadi ke Propam, agar kasus ayah saya terang benderang siapa yang salah sebenarnya,” ujarnya.

“Ya saya tidak terima ayah saya dijebak dan dijadikan tumbal, dengan terjadinya OTT oleh Polres Bogor tersebut. Banyak kejanggalan yang disampaikan ayah saya kepada saya, maka berdasarkan hal tersebut, saya melaporkan ke Propam Polda Jawa Barat,” jelas Joddy.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*