Disdikbud Subang Diduga Sunat Dana Honorarium Kegiatan Kebersihan dan Keamanan, Klaim Sebagian Dana “Dipinjam Dulu”

Kantor Disdikbud Subang (stock)
Kantor Disdikbud Subang (stock)

SUBANG (KM) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Subang diterpa isu miring pemotongan uang honorarium kegiatan kebersihan dan keamanan tahun anggaran 2020 untuk pegawai honor yang ada di setiap koordinator wilayah (koorwil) kecamatan.

Adapun dana honorarium setiap triwulannya yang seharusnya menerima Rp6.000.000 setiap koorwil Disdikbud Kecamatan, namun pada tahun sekarang ini (2020) setiap koorwil Kecamatan hanya menerima Rp4.500.000.

Seperti yang diutarakan salah seorang koorwil Kecamatan yang enggan disebutkan namanya, untuk honorarium kegiatan kebersihan dan keamanan itu diterima pada bulan puasa beberapa hari menjelang hari raya Idul Fitri.

“Ya betul, honorarium yang seharusnya diterima itu Rp6 juta namun sekarang hanya menerima Rp.4,5 juta,” ujarnya kepada KM. Namun ia tidak mengatakan alasan pengurangan uang tersebut.

Advertisement

Sementara Kasubag Umum Disdibud Subang, Mas Engkon pada saat dikonfirmasi seputar dana honorarium, pada awalnya mengelak adanya pemotongan dana pegawai honor itu.

Menurut Engkon, bukan dipotong, namun uang itu hanya ditunda sementara sebagian. “Iya semuanya uang itu sebesar Rp6 juta per triwulan tiap koorwil. Namun baru diberikan sebesar Rp4.5 juta dulu,” katanya.

Sebab, lanjut Engkon, “tadinya uang yang sebagian (Rp.1.5 juta) dipinjam untuk menutupi pegawai honorarium yang ada di sini (Dinas Kabupaten). Namun sekarang uang itu sudah dibagikan lagi ke setiap Koorwil Disdikbud Kecamatan.”

“Uang (Rp 1.5 juta) sudah saya kembalikan lagi beberapa hari lalu, sekitar hari Kamis dan Jumat,” katanya.

Reporter: Sunardi
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*