Tuding Buang Limbah yang Rugikan Masyarakat, FORMAP Tanjungbalai Juga Pertanyakan Perizinan PT. Halindo Berjaya Madiri

Ketua FORMAP Tanjungbalai Ridho Damanik (dok. KM)
Ketua FORMAP Tanjungbalai Ridho Damanik (dok. KM)

TANJUNGBALAI (KM) – Ketua FORMAP Tanjungbalai Ridho Damanik mempertanyakan beberapa izin PT. Halindo Berjaya Mandiri yang terletak di Jl. Burhanuddin, Kelurahan Pejuangan, Kecamatan Teluk Nibung, Tanjungbalai, dalam keterangan pers nya kepada KM Rabu 1/4.

Ridho menyampaikan terkait beberapa izin yang harus dipegang oleh perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan perikanan sebagai dasar legalitas aktivitas sebuah perusahaan.

“Adapun hal-hal yang kami tanyakan adalah SIUP Pengolahan Perikanan, izin angkutan dan laporan pajak perusahaan,” ungkap Ridho.

Menurut Ridho, sebagai usaha yang bergerak di bidang pengolahan perikanan, PT. Halindo Berjaya Mandiri harus melengkapi segala macam bentuk perizinan, jika tidak sanksi pidana maupun administrasi sudah siap menanti pelaku usaha.

Tentang laporan pajak perusahaan, Ridho menekankan jangan sampai ada laporan pajak yang tidak benar. “Jika pelaku usaha melaporkan pajak perusahaan yang tidak benar, maka pelaku usaha juga akan dapat dikenakan pidana perpajakan.”

“Kami sudah layangkan surat untuk pertanyakan hal ini kepada perusahaan, namun sampai saat ini tidak ada jawaban tertulis dari perusahaan terkait, surat tersebut juga sudah kami tembuskan kepada beberapa instansi terkait,” kata Ridho.

Menyoal limbah yang tidak didukung dengan IPAL yang baik dan berpotensi merusak lingkungan hidup, juga merugikan beberapa pihak masyarakat yang terdampak akibat limbah tersebut, Ridho berjanji akan akan segera melakukan gugatan ke pengadilan.

“Apakah bentuknya Legal Standing mewakili kelompok organisasi, atau Citizen Law Suit mewakili dari korban yang terdampak dari pembuangan limbah tersebut. Kita siap untuk membela hak hukum masyarakat,” pungkas Ridho yang juga merupakan seorang advokat.

Reporter: RBB
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*