Sekjen MUI Himbau Masyarakat Hormati Hak Jenazah Yang Terpapar Covid-19 Untuk Mendapat Pemakaman Yang Layak

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, H. Anwar Abbas
Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, H. Anwar Abbas (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Terkait dengan adanya penolakan dari sebagian anggota masyarakat terhadap pemakaman jenazah orang yang terpapar corona di wilayah mereka, jelas menjadi suatu hal yang sangat memprihatinkan dan disesalkan walau hal tersebut dilakukan karena adanya ketakutan dari pihak masyarakat akan terjadinya penularan terhadap mereka apabila jenazah tersebut dikuburkan di tempat mereka.

Menanggapi fenomena yang terjadi di tengah masyarakat tersebut, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI) Anwar Abbas menyatakan prihatin atas kejadian penolakan tersebut.

“Adanya ketakutan seperti ini adalah wajar mengingat virus corona tersebut dinilai berbahaya. Tapi adanya ketakutan yang berlebihan yang tidak didasarkan kepada ilmu pengetahuan tentunya juga tidak baik,” jelas Anwar Abbas kepada KM pagi ini 2/4.

Lebih lanjut Sekjen MUI menyatakan perlu adanya penjelasan yang sejelas-jelasnya dari para ahli dan dari pihak pemerintah tentang cara-cara dan ketentuan-ketentuan terkait penguburan jenazah yang terpapar corona yang aman dan dijamin tidak akan menularkan virus tersebut kepada masyarakat setempat.

“Hal ini agar masyarakat bisa mengerti dan memahaminya secara baik, sehingga mereka bisa hidup dengan tenang, apalagi mereka tahu bahwa dalam agama Islam orang yang masih hidup harus dan wajib hukumnya menghormati jenazah, dan salah satu cara menghormati jenazah dalam Islam yaitu dengan menguburkannya,” paparnya.

“Untuk itu kepada masyarakat, kita harapkan bila penguburan jenazah yang aman seperti yang dikatakan oleh para ahli dan pemerintah tersebut sudah terpenuhi dan dipenuhi, maka kita harus bisa menerima dan menghormati serta menyelenggarakan pemakamannya dan jangan lagi ada penolakan-penolakan, karena hal itu jelas akan membuat kita susah semua, semoga Allah SWT melindungi dan menjauhkan kita dari wabah yang menakutkan ini, Aamiin,” pungkasnya.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*