Relawan KPN Bentuk Satgas Tanggap Covid-19, Salurkan Beragam Bantuan dalam Perang Melawan Virus Corona

Satgas KPN Tanggap Covid-19 (dok. KM)
Satgas KPN Tanggap Covid-19 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Komite Penggerak Nawacita (KPN) membantu meringankan beban warga dalam menghadapi pandemi dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Covid-19 yang bertugas untuk melaksanakan aksi-aksi sosial dalam perlawanan terhadap wabah virus corona covid-19.

Koordinator Satgas Covid-19 Pitono Adhi mengatakan bahwa KPN sejak awal sudah ikut ambil bagian dalam perang melawan covid-19 ini, dan tim khusus yang terdiri dari beberapa orang sudah mempelajari pandemi ini serta langsung menyusun program sederhana untuk mengantisipasi dampak pandemi covid-19.

“Tim kemudian mengeluarkan 5 tindakan langsung yang dieksekusi, diantaranya adalah pembuatan dan pendistribusian hand sanitizer yang waktu itu masih langka, pembuatan portable wastafel karena cuci tangan adalah cara efektif mencegah penyebaran virus ini, pembuatan disinfectant chamber untuk di ruang-ruang publik dan di kampung-kampung, disinfeksi area publik dan tempat ibadah dan memberikan bantuan masker dan coverall kepada kalangan medis,” ungkap Pitono dalam rilis pers yang diterima KM Rabu 1/4.

“Ya saya melihat perkembangan pandemi ini dan beberapa karakteristik negara kepulauan dengan struktur masyarakat yang unik, maka dari itu kami merekomendasikan untuk membangun pertahanan sampai tingkat RT/RW, yang kemudian disebut sebagai Program RW Siaga Covid-19 oleh KPN dan selanjutnya KPN juga akan meluncurkan Program KPN Kampung Siaga Covid-19,” tambah Pitono.

Sementara Sekjen Seknas Jokowi, Dedy Mawardi mengatakan, KPN udah bergerak dari awal sejak paparan Covid-19 mulai meluas di Indonesia, dan pihaknya melihat dampak pandemi ini akan memukul lebih dahulu golongan masyarakat kita yang kurang mampu. “Maka dari itu kita langsung donasi hand sanitizer dan masker bagi driver ojek online serta pedagang kecil,” ungkap Dedy.

Terpisah, pengurus Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) Ammarsjah menyampaikan keprihatinannya atas pandemi covid-19, dan apresiasinya terhadap kinerja pihak-pihak yang membantu. “Sangat luar biasa oleh banyak pihak, baik pemerintah, masyarakat sipil, dan terlebih lagi penghargaan yang sangat tinggi bagi para dokter yang begitu banyak bantu selalu jadi garda terdepan,” ungkap Ammarsjah.

“Kami mengajak semua pihak untuk melepaskan kepentingan pribadi dan golongan, mari kita bersama-sama bekerja melawan pandemi covid-19. Kita tidak punya banyak waktu, kita tidak punya kemewahan untuk saling bertengkar ataupun menyalahkan, ini saatnya kita bersatu padu untuk bergotong royong,” tutup Ammarsjah.

Reporter: Efri
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*