Penuhi Komitmen Jaga Kelestarian Seni, Rumah Cinwa Gelar “Minggu Semata Wayang” Online Melalui Instagram

DEPOK (KM) – Minggu Semata Wayang (MSW) adalah kegiatan rutin Rumah Cinwa dalam upaya melestarikan dan menjaga keberlangsungan seni pertunjukan wayang dan budaya Nusantara, yang diadakan setiap minggu ke-4 pada setiap bulannya di Taman Kaldera, Jatijajar, Depok.

Seyogyanya Tenun dan Wayang adalah tema MSW yang digelar pada Minggu, 29 Maret 2020. Acarapun sudah dipersiapkan bekerja sama dengan tim tenun Tidore yang dikembangkan oleh Yayasan Ngofa Tidore yang berlokasi di Leuwinanggung Depok.

Namun seiring dengan persiapan yang sedang dilakukan oleh Tim MSW, Pemerintah mengeluarkan peraturan agar masyarakat bekerja dan tinggal di rumah selama pandemi covid-19 ini berlangsung.

“Selama 15 kali MSW diselenggarakan sejak 2018, animo warga sekitar Depok untuk mengikuti MSW meningkat. Kegiatan MSW fokus pada pengenalan wayang. Lomba mewarnai wayang kardus, baik wayang versi Mahabharata maupun wayang potehi, nonton wayang (potehi, golek Betawi, wayang beber metropolitan, wayang kulit. Pergelaran wayang tersebut diadakan dengan konsep pemadatan lakon atau cerita. Sehingga pertunjukan wayang hanya dilaksanakan dalam 1-2 jam saja,” ujar pendiri Rumah Cinwa, Dwi Woro Mastuti kepada KM kemarin 31/3.

“Pada kesempatan bulan Maret ini, Tim MSW Rumah Cinwa mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak mengadakan kegiatan yang mengundang kerumunan sebagai upaya menahan penularan virus corona,” lanjutnya.

“Sebagai bentuk komitmen kepada masyarakat dan para donatur serta mitra kerja, Tim MSW Rumah Cinwa mencoba membuat kegiatan MSW online melalui Instagram Rumah Cinwa,” ungkapnya.

Dwi Woro juga menyatakan apresiasinya atas komitmen yang diupayakan oleh tim MSW untuk tetap eksis melanjutkan agenda program di tengah wabah covid-19 yang sedang melanda dunia.

“Menjaga komitmen bukan perkara mudah. Kreatif dan inovatif senantiasa diperlukan untuk tetap ajeg dan fokus pada obyek yang harus dilestarikan dan dijaga keberlangsungannya, yaitu wayang,” kata Dwi Woro yang juga Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI tersebut.

“Di era serba online ini kegiatan apapun bisa dilaksanakan. Dengan harapan, kegiatan MSW dapat dijangkau oleh para followers IG Rumah Cinwa di manapun mereka berada. Sebagai apresiasi, diberikan hadiah untuk 3 pemenang terbaik,” jelasnya.

“Dengan #dirumahsajaberhadiah, kami berharap MSW online ini dapat berkontribusi dalam mengisi kegiatan positif masyarakat yang sedang berkumpul di rumah bersama keluarganya. Tak wayang maka tak sayang,” harapnya.

“Di balik kegiatan MSW online tersebut, kami belajar bahwa alam semesta pun ingin turut bermain wayang. Kali ini kita menyaksikan langit biru dan udara segar tanpa polusi. Itulah gambaran kelir dalam seni pertunjukan wayang. Kelir adalah simbol dari alam semesta,” pungkasnya.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*