Desa Sei Dua Hulu Bentuk Gugas Pencegahan COVID-19, Perketat Akses Keluar Masuk Desa

Kepala Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat, Asahan, Sumardi Nasution (dok. KM)
Kepala Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat, Asahan, Sumardi Nasution (dok. KM)

ASAHAN (KM) – Kepala Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, membentuk Gugus Tugas Desa untuk Pencegahan dan Penanganan COVID-19, Selasa 7/4.

Kepala Desa Sei Dua Hulu, Sumardi Nasution saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan bahwa saat ini memang Desa Sei Dua Hulu belum ada korban, namun seluruh masyarakat harus tetap waspada.

Dalam pembentukan gugus tugas ini, Sumardi menganjurkan seluruh pihak stakeholder desa harus terlibat, mulai dari BPD, LPM, KPMD, Kepala Dusun, Karang Taruna dan pendamping-pendamping lainnya yang ada di Desa Sei Dua Hulu.

“Dalam menangani wabah COVID-19 ini berdasarkan anjuran pemerintah pusat, desa kita mengalami perubahan APBDes, sebagian akan dialihkan untuk penanganan corona. Jadi saya berharap kita semua yang terlibat dalam gugus tugas ini dapat bekerja secara maksimal,” kata Sumardi.

Menurut Sumardi, Desa Sei Dua Hulu ini mempunyai beberapa akses jalur keluar masuk transportasi sehingga dianggap perlu untuk mendirikan setidaknya dua posko pemeriksaan deteksi dini terhadap orang yang akan masuk ke Desa Sei Dua Hulu.

Advertisement

“Desa kita punya dua pintu masuk utama yaitu di dusun 1 dan dusun 5, sehingga dianggap perlu untuk didirikan posko pemeriksaan orang masuk disana, setidaknya kita periksa suhu tubuh dan untuk keperluan apa dia masuk” ujar Sumardi.

Sumardi juga menjelaskan bahwa Desa Sei Dua Hulu memiliki 1332 KK yang terdiri dari 5552 jiwa yang tersebar di 15 dusun dan dalam waktu dekat akan dilakukan penyemprotan secara menyeluruh ke setiap rumah dan fasilitas umum.

Dalam pembentukan Gugus Tugas Desa ini, Kepala Desa ditetapkan sebagai ketua, Ketua BPD sebagai wakil ketua, dan Sekretaris Desa sebagai sekretaris. Untuk keanggotaan gugus tugas diambil dari unsur-unsur stakeholder Desa yang jumlah keseluruhan 20 orang.

Reporter: RBB
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*