Corona Makin Menggila, Desa di Mimika ini Berlakukan Lockdown Sendiri

Palang pintu yang dipasang warga di Desa Kadun Jaya, Kabupaten Mimika, Papua (dok. KM)
Palang pintu yang dipasang warga di Desa Kadun Jaya, Kabupaten Mimika, Papua (dok. KM)

TIMIKA (KM) – Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, mengungkap bahwa 3 orang warganya positif covid-19. Atas dasar tersebut pihak pemerintah Desa Kadun Jaya, Distrik Wania, memutuskan untuk menutup akses ke salah satu dusun di wilayahnya.

Sekretaris Desa Bartelinus Pongeangge mengatakan, saat ini di desanya ada satu dusun yang ditutup akses jalan keluar masuk menggunakan portal. Selain itu, jalur tersebut dijaga ketat oleh warga setempat untuk menyekat masyarakat dari luar yang hendak masuk.

Pemerintah daerah Kabupaten Mimika pun didesak agar memperhatikan masyarakat yang berada di berbagai pelosok desa.

“Situasi covid-19 ini membuat semua aktivitas diberhentikan. Hal ini akan memberikan ancaman bagi masyarakat yang hidupnya berdasarkan hasil jualan dalam kehidupan sehari-harinya. Jadi, agar bisa diperhatikan bagi kehidupan masyarakat yang sudah mengisolasi diri di rumah terkait situasi pencegahan penyebaran covid-19 di Kabupaten Mimika,” ujar Bartelinus.

Dalam memberlakukan “lockdown” di Desa Kadun Jaya itu, warga dan Pemdes membangun pos penjagaan dan palang.

“Tujuan pembuatan pos penjagaan ini [untuk] keselamatan diri serta melindungi masyarakat. Sebab semakin hari, semakin berkembang covid-19 di seluruh Indonesia, khususnya Timika,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan tokoh pemuda setempat, Raymond Nirigi,. “Masukknya covid-19 di Timika sudah semakin mengkhawatirkan masyarakat dalam penanganannya. Namun kami pemuda dan pemudi Desa Kadun Jaya tetap aktif di pos penjagaan dan melakukan pemeriksaan secara rutin,” jelasnya.

“Jadi Pemerintah Kabupaten Mimika juga [harus] memfasilitasi alat pelindung diri (APD) seperti masker, sarung tangan, alat pendektesi suhu tubuh dan desinfektan kepada semua pos desa di Kabupaten Mimika,” tambahnya.

“Hal ini guna menyelamatkan masyarakat setempat di berbagai desa serta mencegah penyebaran covid-19 dan mengatasi masuknya warga dari luar kota maupun warga dari Kota Timika ke Desa Kadun Jaya. Kami juga sudah meberikan ketegasan kepada masyarakat Desa Kadun Jaya untuk mengurangi aktivitas,” jelasnya.

Pihaknya pun mberharap semua desa yang ada di Mimika segera memberlakukan lockdown. “Agar menyelamatkan masyarakat kita dari bahayanya virus yang mematikan ini,” tegasnya.

Reporter: Ernest
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*