Anggota DPRD bersama Kabid Pertanahan Paniai Dorong Sertifikasi Tanah untuk Gereja-gereja

Anggota DPRD dan Kabid Pendataan Dinas Pertanahan Kabupaten Paniai usai mendata ukuran lokasi Paroki Kristus Raja Komopa untuk membuat sertifikat (dok. KM)
Anggota DPRD dan Kabid Pendataan Dinas Pertanahan Kabupaten Paniai usai mendata ukuran lokasi Paroki Kristus Raja Komopa untuk membuat sertifikat (dok. KM)

PANIAI (KM) – Anggota DPRD Paniai dari Partai PKPI, Marthen Tenouye bersama Onesmus Awitau, Kepala Bidang Pendataan serta petugas pertanahan Kabupaten Paniai menemui konstituennya di kawasan Wilayah Tiga di Agadide, Senin 9/3.

Kunjungan tersebut dalam rangka kerja bersama Dinas Pertanahan Kabupaten Paniai untuk membuat sertifikat untuk Geraja Paroki Kristus Jaya Komopa dan Stase Komopa yang ada dalam paroki itu. Selain itu, Gereja Kingmi Kelasis Agadide dan Aga Barat.

Di kawasan itu, Marthen melihat secara dekat kondisi Paroki Komopa, klasis Aga Barat dan klasis Aga Timur yang belum memiliki sertifikat. Lokasi gereja yang sudah ada memperoleh aspirasi dari Pastor Paroki Tanto saat peresmian, maka Pemda dan lembaga DPRD mengunjungi dan mendorong keluarnya sertifikat untuk gereja itu.

“Keinginan umat dan jemaat disini ingin memiliki sertifikat tanah milik gereja. Lokasi Katolik dan Kingmi sudah disiapkan. Kita berharap ini bisa menjadi perhatian Dewan dan Kepala Bidang pendataan yang datang untuk melanjutkan ke Pemda untuk segera diterbitkan sertifikat,” ujar Marthen.

“Para umat Katolik dan Kingmi gereja-gereja harus dalam pagar hukum supaya kedepannya tidak terjadi masalah dengan pihak lain, maka gereja wajib memiliki sertifikat hak milik misi gereja dan paroki,” tambahnya.

Melihat kondisi lokasi gereja dan paroki, Onesmus Awitau, Kepala Bidang Pendataan, mengaku pihaknya siap menanggapi perhatian pemerintah daerah, terlebih sertifikat gereja dan paroki yang ada di wilayah tiga. “Informasi dari bidang pendataan, ada banyak gereja yang belum memiliki sertifikat disini,” p[ungkasnya.

Reporter: Ernest
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*