Setelah Sebulan, Jokowi Kunjungi Kembali Lokasi Terdampak Bencana Longsor dan Banjir di Sukajaya

Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri di Sukajaya, Bogor, Senin 3/2/2020 (dok. KM)
Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri di Sukajaya, Bogor, Senin 3/2/2020 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Satu bulan lebih sudah berlalu sejak bencana banjir dan longsor yang melanda Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, saat pergantian tahun 2020 lalu. Tercatat seribu rumah lebih di kecamatan tersebut mengalami kerusakan, bahkan ada yang rata dengan tanah. 1.765 orang mengungsi di kamp-kamp pengungsian di sekolah, cagar budaya masjid, kantor-kantor desa dan rumah-rumah warga yang masih dapat dipakai untuk mengungsi.

Pada 7 Januari lalu Presiden Joko Widodo hadir menemui langsung para korban banjir di Desa Harkat Jaya dan memberikan bantuan berupa paket sembako serta uang untuk para korban yang diterima oleh Kepala Desa Harkat Jaya.

Senin 3/2 kemarin, Jokowi kembali mengunjungi Desa Harkat Jaya dan beberapa titik yang terdampak bencana di Kecamatan Sukajaya. Didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Bogor Ade Yasin, Presiden mengaku hendak memastikan dan meninjau langsung proses penanganan pemulihan kembali daerah dan masyarakat pasca bencana banjir.

“Kami sudah lakukan semua sesuai arahan Bapak Presiden beberapa waktu yang lalu,” ungkap Bupati Bogor Ade Yasin singkat kepada Presiden Jokowi saat tiba di Desa Harkat Jaya.

Presiden menanam beberapa pohon dan rumput vetiver di Kecamatan Sukajaya sebagai bentuk pelestarian alam untuk meminimalisir dampak penyebab banjir longsor ke depannya dan melihat langsung pembuatan bronjong di bukit-bukit untuk mencegah longsor kembali.

Relawan kemanusiaan dari POSPERA juga hadir di acara ini, bersama ketua POSPERA Kabupaten Bogor Sasha Sambyah.

“Kami terus terlibat hadir di Sukajaya dengan program pemulihan pasca bencana dan pengobatan gratis,” terang Sasha kepada KM.

Banyak yang harus kita lakukan semua untuk mencegah bencana ini dan tidak lelahnya kita mengingatkan kepada masyarakat disini untuk peduli pada lingkungan agar bencana tidak terulang.

Reporter: Dian Pribadi
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*