Ambruknya Pondasi Mal Boxies Tajur Rusak Belasan Rumah Warga, Pengamat: “Harus Ada Upaya Hukum Terhadap Penyebabnya”

Pimpinan DPRD Kota Bogor saat sidak dampak robohnya pembangunan Mall Boxies Tajur (dok. lensaonline)
Pimpinan DPRD Kota Bogor saat sidak dampak robohnya pembangunan Mall Boxies Tajur (dok. lensaonline)

BOGOR (KM) – Ambruknya beton pondasi Mall Boxies yang menimpa rumah warga di Kampung Sukajaya Tajur, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Senin (14/10) sore lalu, mengakibatkan 2 rumah rusak berat, dan 16 rumah lainnya terdampak dengan berbagai kerusakan.

Menyikapi hal tersebut, pengamat kebijakan publik Sopiansyah mengatakan, selain segera melakukan langkah konkrit untuk membantu warga terdampak, harus juga ada upaya hukum yang dilakukan atas proyek pembangunan mal tersebut.

“Ya bukan saja segera memberikan solusi bagi warga yang terkena imbas robohnya pondasi proyek bangunan mal tersebut. Harus ada upaya hukum yang pasti dari sebab akibat terjadinya peristiwa tersebut,” ungkap Sopiansyah kepada kupasmerdeka.com, Rabu 16/10.

Sopiansyah menuturkan, proses awal sebuah perizinan pembangunan mal yang cukup besar tersebut tentunya dengan analisa yang sangat baik. “Namun melihat letak yang sangat berdekatan dengan pemukiman warga, mengapa tidak dari awal memberikan langkah antisipasi dalam analisa perizinannya?”

“Maka ini patut diselidiki lebih dalam, dengan upaya hukum yang konkrit. Dan pejabat di wilayah Camat, Lurah serta Dinas terkait harus diperiksa, selaku pemegang kebijakan di wilayah,” tutur Sopiansyah.

Lebih lanjut Sopiansyah mengatakan, pihak eksekutif dan legislatif Kota Bogor harus segera melakukan upaya hukum, baik terhadap pejabat wilayah, Dinas terkait maupun pengembang proyek tersebut.

“Ya penting segera memberikan penyelesaian bagi warga terdampak, namun sangat penting juga langkah hukum atas sebab akibat terjadinya peristiwa tersebut,” pungkas Sopiansyah.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*