Ribuan Mahasiswa Langsa Serbu dan Duduki Gedung DPRK

Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kota Langsa berhasil menduduki Gedung DPRK Kota Langsa, Kamis 26/9/2019 (dok. KM/Muddin)
Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kota Langsa berhasil menduduki Gedung DPRK Kota Langsa, Kamis 26/9/2019 (dok. KM/Muddin)

LANGSA (KM) – Seribuan mahasiswa dari IAIN Zawiyah Cot Kalla Langsa, Stikes CND Langsa, serta Akper dan Akbid Depkes menggeruduk Gedung DPRK Kota Langsa untuk menuntut RUU KPK agar segera dihapus dan agar Kapolri dipecat. Aksi tersebut menyusul demonstrasi massa itu di depan Mapolres Langsa, Kamis 26/9.

Unjuk rasa tersebut pun sempat ricuh dengan aksi dorong mendorong dan dugaan bahwa oknum Satpol PP dan Intel Polres Kota Langsa melakukan pemukulan terhadap seorang mahasiswa dari STIKES Cut Nyak Dhien Langsa yang bernama Muhammad Raihan.

Para mahasiswa tetap melakukan pendobrakan kepada para petugas Satpol PP dan aparat kepolisian yang menjaga untuk masuk ke dalam gedung DPRK Langsa, meskipun diketahui bahwa ke-25 anggota dewan tidak ada di tempat dikarenakan sedang mengikuti kegiatan orientasi di Banda Aceh selama 4 hari yang terhitung dari tanggal 26-29 September 2019 atas dasar surat edaran Mendagri Tjahjo Kumolo.

Sekitar pukul 13.20, massa aksi berhasil menduduki gedung DPRK Langsa dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Kedatangan mahasiswa di aula gedung DPRK Langsa diterima oleh Kabag Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRK Langsa, Said Munir, yang didampingi oleh Kapolres Kota Langsa AKBP Andi Hermawan dan DANDIM 0104 Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar.

Said Munir menyampaikan bahwa 25 anggota dewan saat ini sedang berada di Banda Aceh mengikuti orientasi, dan pihaknya menerima petisi yang disampaikan para mahasiswa.

“Terimakasih, petisi ini akan saya sampaikan kepada anggota dewan setelah kembalinya dari mengikuti orientasi di Banda Aceh,” sebutnya.

Setelah itu, massa aksi pun membubarkan diri sambil bersholawat.

Reporter: Muddin
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*