Polres Kebumen Kerahkan Lebih dari 600 Anggota untuk Amankan Arus Mudik Hingga 10 Juni

Kapolres Kebumen AKBP Roberto Pardede meninjau fasilitas posko mudik terpadu di Kebumen, 1/6/2019 (dok. KM)
Kapolres Kebumen AKBP Roberto Pardede meninjau fasilitas posko mudik terpadu di Kebumen, 1/6/2019 (dok. KM)

KEBUMEN (KM) – Jajaran Polsek Kebumen bersama Forkopimda Kebumen meninjau persiapan jalur dan fasilitas pendukung arus mudik di beberapa pos pantau di Kebumen pada Sabtu 1/6.

Kapolres Kebumen AKBP Roberto Pardede mengatakan bahwa untuk wilayah Polres Kebumen ada 28 pos pengamanan.

“Polres Kebumen ada 28 pos pengamanan berupa 12 pos pengamanan, 8 sub pos pengamanan,7 pos pantau dan 1 pos terpadu, yakni pos pengamanan dengan fasilitas yang paling komplit yang telah disediakan untuk para pemudik,” katanya.

“Biasanya menjelang berbuka puasa para pemudik khususnya pemakai sepeda motor akan berkumpul dan menikmati semua fasilitas yang telah disediakan seperti restoran, alat pijat refleksi, mushola, ruang kesehatan, karaoke, mainan anak-anak serta fasiltas lainnya,” lanjutnya.

“Ada 610 anggota polisi untuk pengamanan lebaran di wilayah Polres Kebumen. Untuk pos pengamanan lebaran ini akan dilakukan sampai 10/6/2019,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi potensi kejahatan atau titik rawan kejahatan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, Roberto mengatakan bahwa Polres Kebumen sudah mengkondisikan pengamanan di daerah yang rawan yakni pantai selatan karena daerah tersebut sepi, penerangan jalan yang sangat minim serta tidak menutup kemungkinan juga akan menyebabkan banyaknya kecelakaan lalu lintas.

“Cek dulu kendaraan yang akan digunakan, patuhi rambu-rambu lalu lintas karena dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang sudah diterapkan maka para pemudik dan pemakai jalan raya akan terbebas dari kemacetan serta antrian panjang,” lanjutnya.

“Pemudik lebaran dihimbau antri di perlintasan jalan kereta api, tidak mengambil jalur disebelahnya agar tidak menimbulkan kemacetan. Karena perlu diketahui menyambut lebaran kali ini PT. KAI menambah pemberangkatan jadwal kereta api yaitu sebanyak 114 per hari, jeda waktu antara kereta api yang pertama dengan yang ke dua apabila tidak ada keterlambatan kurang lebihnya 15 menit maka pemakai jalan dihimbau untuk bersama-sama mengkondisikan kelancaran di jalan raya demi lebaran yang aman dan bisa sampai tujuan dengan selamat,” harapnya.

Sementara itu Bupati Kebumen Yazid Mahfudz mengaku “sangat berterima kasih sekali” kepada Kapolres Kebumen dan jajarannya yang sudah membuka posko lebaran di sepanjang jalan nasional yang akan dilewati oleh para pemudik.

“Terima kasih pada pihak Polres Kebumen yang telah membuka posko mudik, mudah-mudahan Kapolres Kebumen beserta anggotanya akan selalu diberi kesehatan sehingga bisa memantau semua kegiatan keamanan lebaran kali ini dengan aman, tertib, lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Pemda Kebumen juga menyediakan posko kesehatan di beberapa titik pos pengamanan sepanjang jalan nasional dengan pelayanan kesehatan seperti cek tensi, penyediaan obat dan lainnya yang ditangani langsung oleh tim medis di wilayah masing-masing.

Reporter: Evie
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*