Kelompok Tani Laporkan Anggota DPRD Kutai Timur dari PDIP Atas 4 Dugaan Korupsi

Sopyan Huseng saat menyerahkan laporan dugaan korupsi anggota DPRD Kutai Timur di Kejaksaan Tinggi Kaltim (dok. KM)
Sopyan Huseng saat menyerahkan laporan dugaan korupsi anggota DPRD Kutai Timur di Kejaksaan Tinggi Kaltim (dok. KM)

SAMARINDA (KM) – Ketua kelompok tani “Kerukunan Bersama Masyarakat Budaya Adat Kutai” (KBMBAK) Sopyan Huseng mendatangi Kejaksaan Negeri Kalimantan Timur untuk mengadukan dugaan korupsi yang dilakukan oleh salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur dengan inisial AS dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rabu 8/5.

Menurut Sopyan, laporan tersebut berdasarkan hasil investigasi KBMBAK serta pengaduan dari masyarakat dan anggota kelompok tani terkait adanya indikasi korupsi oleh anggota DPRD Kutai Timur.

“Ya anggota DPRD berinisial AS ini terindikasi korupsi diantaranya, Korupsi Pengadaan Mesin Printing, Korupsi Pembebasan Lahan, Korupsi Pengadaan bibit sapi, dan Korupsi Sound Sistem,” papar Sopyan.

“Ada 4 kasus yang saya laporkan ke Kejaksaan, semuanya berdasarkan temuan kelompok saya di lapangan juga informasi dari masyarakat,” ungkap Sopyan kepada kupasmerdeka.com siang ini 8/5.

Kata Sopyan, pihaknya memiliki bukti dan saksi-saksi untuk membuktikan adanya perbuatan korupsi. “Tinggal menunggu tindak lanjut pihak Kejaksaan,” ujar Sopyan.

Dalam kesempatan sama ketua organisasi KPK Tipikor Kalimantan Timur (Kaltim) Ramon Tedison, yang turut mendampingi Sopyan, meminta pihak Kejaksaan agar proaktif menindaklanjuti kasus yang dilaporkan sehingga keraguan publik dapat terjawab.

“KPK Tipikor siap mengawal semua proses di Kejaksaan dan secepatnya kita akan berkunjung ke Kejaksaan, dan meminta agar terlapor beserta saksi-saksinya segera dipanggil untuk diperiksa,” ujar Ramon.

“Kita tidak ingin masyarakat hilang kepercayaan terhadap penegak hukum, sebagai organisasi yang bertugas mengawasi dan mencegah korupsi kami akan selalu siap bersinergi dengan institusi penegak hukum baik itu Kepolisian maupun Kejaksaan,” pungkasnya.

Reporter: ODJ
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*