Kemenperin Ingin Dorong Kewirausahaan dari Pesantren-pesantren

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Industri Republik Indonesia, Gati Wibawaningsih (dok. KM)
Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Industri Republik Indonesia, Gati Wibawaningsih (dok. KM)

BOGOR (KM) – Sebuah negara dapat dianggap memiliki industri maju jika wirausahawan sudah mencapai kisaran 4% dari populasi. Saat ini, negara Indonesia baru mencapai kisaran 2,8% sampai 2,9%. Hal ini dikatakan Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.

“Dalam meningkatkan industri maju ini, salah satunya dengan melihat potensi yang ada di lingkungan pondok pesantren dalam berwirausaha. Dari hasil evaluasi, pelatihan di pondok pesantren sejak tahun 2013 hingga 2017, kita melihat potensi besar untuk menjadikan wirausaha,” ungkap Gati kepada awak media di sela kegiatan program penumbuhan wirausaha baru di Pondok Pesantren Ilmu Al-Quran Ciomas Kabupaten Bogor, Sabtu 18/3.

“Karakter di lingkungan pesantren sangat disiplin, jadi sangat cepat untuk diberikan pengajaran dan arahan dalam berwirausaha, sangat berbeda dengan yang direkrut dari sumber-sumber lain,” tambah Gati.

Advertisement

Gati menuturkan, saat ini pihaknya baru mendidik sekitar 3000 pondok pesantren.” Tidak semua lingkungan pesantren punya unit produksi kewirausahaan, ada pesantren – pesantren yang memang khusus hanya untuk keagamaan,” terangnya.

“Kami melihat bahwa lulusan pesantren perlu dibekali dengan kemampuan dalam sektor ekonomi. Karena jika lulus dari pondok pesantren bisa ikut serta dalam bidang sektor ekonomi,” tutur Gati.

Kebutuhan meningkatkan wirausaha, lanjut Gati, itu berdasarkan permintaan-permintaan dari pondok pesantren itu sendiri. “Kami akan mensupport untuk membantu meningkatkan usulan tersebut,” katanya.

“Seperti di pesantren ini, pak Kyai meminta untuk membantu dalam meningkatkan wirausaha produksi roti. Masih banyak produk-produk wirausaha di pesantren-pesantren yang memang sudah berjalan dan kami support, dalam rangka meningkatkan wirausaha untuk mencapai negara industri maju,” pungkas Gati.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: