FKIP Unpak Gelar Seminar Pendidikan Kepribadian bagi Guru dan Mahasiswa

Rektor Universitas Pakuan Bogor Bibin Rubini (dok.KM)
Rektor Universitas Pakuan Bogor Bibin Rubini (dok.KM)

BOGOR (KM) – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pakuan Bogor menggelar seminar pendidikan bertajuk “Peran Pendidikan Dalam Memperkuat Karakter Generasi Millenial” untuk menyiapkan calon pendidik yang “bermutu dan berkepribadian”, di ruang Aula Rektorat Universitas Pakuan, Sabtu 19/1 .

Dekan Fakultas Perguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Dedi Sopian mengatakan, selain penyerahan Surat Keputusan (SK) Pendidikan Profesi Guru (PPG) kepada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Umam Suherman mempresentasikan seminar tersebut. “Sangat menarik sekali,” ungkap Dedi saat memberikan sambutan.

Sementara Rektor Universitas Pakuan Bibin Rubini mengatakan, bila karakter hilang, maka “semuanya” akan hilang. “Jangankan harta benda, kehormatan dan martabat juga akan hilang, betapa pentingnya karakter ini. Kegiatan seminar ini untuk memberikan penguatan para guru akan kewajibannya, karena para guru itu bukan hanya pengajar tetapi pendidik, jadi di dalam pendidikan, profesi sebagai pendidik tetapi yang lebih penting adalah transfer budaya dan juga nilai,” ungkap Bibin kepada awak media.

Kata Bibin, nilai-nilai yang terkandung terkait dengan nilai-nilai kebudayaan, nilai kehidupan, nilai manusia dan agama. “Mereka bukan hanya memberikan contoh tetapi harus menjadi contoh dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

“Karena pada intinya, guru pasti akan ditiru oleh anak didiknya, kalau kita ingin mengajarkan pendidikan karakter maka guru harus berkarakter dulu, jika guru sudah berkarakter maka bisa untuk mentransfer karakter kepada siswa nya,” ucap Bibin.

Masih kata Bibin, pesannya adalah bahwa guru di berbagai bidang baik di sekolah maupun di masyarakat akan menjadi contoh, maka sikap perilaku guru harus menunjukan contoh baik untuk memberikan pendidikan yang baik.

“Apalagi kita berhadapan dengan generasi milenial maka mereka bukan hanya cerdas dan juga harus berkarakter,” katanya.

Ia menambahkan bahwa seminar ini diikuti oleh guru dari tingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Akhir (SMA), dan ada Kepala Sekolah.

Seminar turut dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor, dan juga dihadiri oleh para mahasiswa yang mengikuti pendidikan profesi guru dari daerah tertinggal yang sedang mengikuti pendidikan profesi guru.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*