Sekber Pers Indonesia Akan Gelar Deklarasi Pembentukan “Dewan Pers Independen”

Panitia Sekretariat Bersama Pers Indonesia dalam rapat persiapan Musyawarah Besar Pers Indonesia yang dilaksanakan di Hotel Flamingo, Serang Banten 8/12/2018 (dok. KM)
Panitia Sekretariat Bersama Pers Indonesia dalam rapat persiapan Musyawarah Besar Pers Indonesia yang dilaksanakan di Hotel Flamingo, Serang Banten 8/12/2018 (dok. KM)

SERANG (KM) – Menjelang pelaksanaan Musyawarah Besar Sekretariat Bersama Pers Indonesia (Mubes Sekber Pers Indonesia) yang bakal digelar di Jakarta pada 18 Desember 2018 mendatang, puluhan organisasi pers yang tergabung dalam Sekber Pers Indonesia menggelar rapat di Hotel Flamingo, Serang, Banten, Sabtu 8/12. Rapat yang dipimpin oleh Ketua Sekber Pers Indonesia Wilson Lalengke kali ini diikuti 17 organisasi pers, antara lain Akrindo, FPII, PWRI, dan PPWI.

Selain para pimpinan dari organisasi pers Indonesia, hadir juga penasehat hukum Sekber Pers Indonesia, Dolfie Rompas, serta beberapa wartawan senior juga nampak hadir di rapat ini, antara lain Danil Harahap, Edi Anwar dan Lasman Siahaan.

Dalam rapat yang membahas seputar persiapan dan pelaksanaan Mubes Pers Indonesia tersebut, Wilson Lalengke menyampaikan berbagai agenda, termasuk pembahasan lokasi Mubes dan kegiatan lainnya yang rencananya dihadiri 2.000 peserta dari seluruh Indonesia.

“Jika tak ada halangan, Mubes Pers Indonesia bertempat di Gedung Nusantara IV Jakarta [Kompleks Parlemen],” papar Wilson.

Lebih jauh, Ketua Sekber Pers Indonesia sekaligus Ketua Umum PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) tersebut kembali menambahkan, dalam Mubes Pers Indonesia nantinya, pihaknya akan menggelar deklarasi serta penyampaian tuntutan Pers Indonesia.

Advertisement

“Dalam Mubes Pers Indonesia nantinya kami akan menggelar deklarasi untuk terbentuk Dewan Pers Independen serta menyampaikan aspirasi dan tuntutan Pers Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan Pers dan kehadiran Negara dalam pemberdayaan Masyarakat Pers Indonesia,” imbuh Wilson.

Masih di tempat yang sama, Ketua Umum Asosiasi Kabar Online Indonesia (Akrindo) Maripin Munthe didampingi Sekjen Akrindo Usman menyampaikan apresiasi dan pernyataan siap mendukung untuk kesuksesan terselenggaranya Mubes Pers Indonesia di Jakarta. “Kami dari Akrindo mendukung penuh acara ini. Insya Allah kami akan menghadirkan ratusan wartawan untuk mengikuti Mubes tersebut,” kata Maripin.

Sementara itu, Ketua Presidium Forum Pers Independent Indonesia (FPII), Kasihhati mengatakan bahwa walaupun kegiatan Mubes ini bersamaan dengan Mukernas FPII yang ke-II di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, sekitar 200 orang pengurus dan Anggota FPII akan hadir di acara Mubes ini.

“Data yang sudah masuk di Seknas, Anggota FPII yang akan hadir ada dari Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Simalungun Sumatera Utara, Jogjakarta, Jawa Barat dan Jakarta diperkirakan minimal 200 orang,” jelasnya didampingi Sekretaris Nasional FPII, Wesly.

Reporter: Red
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: