Proyek Drainase di Bojong Pondok Terong Diduga Langgar UU KIP dan Permen PU

Pengerjaan proyek jalan dan jembatan di Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Rabu 28/11 (dok. KM)
Pengerjaan proyek jalan dan jembatan di Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Rabu 28/11 (dok. KM)

DEPOK (KM) – Pemasangan u-ditch di Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, diduga menyalahi aturan terkait tidak adanya papan proyek yang dipasang. Pekerjaan tersebut sudah berjalan sekitar satu minggu, namun nilai anggaran, nama perusahaan dan waktu pekerjaan masih misteri.

Pelaksana pengerjaan di RW 11, Kecamatan Cipayung, mengatakan bahwa papan proyek di lokasi tersebut sudah dikonfirmasi kepada pihak dinas terkait namun belum juga dipasang.

“Betul. Udah dipesan sih pak tapi belum dikasih dari Pemda (Pemerintah Kota Depok), pak Hartanto,” katanya ketika dikonfirmasi wartawan melalui telepon seluler, di Depok, Rabu 28/11.

Aturan terkait transparansi anggaran dan rincian proyek tertera dalam UU No. 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Advertisement

Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah, seperti Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (Permen PU 29/2006) dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (Permen PU 12/2014).

Adapun secara teknis, aturan tentang pemasangan papan pengumuman proyek biasanya diatur lebih detail oleh masing-masing provinsi.

Jika di lapangan terdapat sebuah proyek yang tidak menyertakan papan pengumuman proyek, seringkali dicurigai proyek tersebut tidak dilaksanakan sesuai prosedur.

Reporter : Deva
Editor : HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: