Pengamat: “Dinas PUPR Bogor Harus Jelaskan Soal Proyek Pemasangan Pipa di Barengkok”

Koordinator Investigasi LSM Center for Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman (dok. KM)
Koordinator Investigasi LSM Center for Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman (dok. KM)

BOGOR (KM) – Proyek pemasangan pipa air bersih sepanjang 2 kilometer di Desa Barengkok, Kabupaten Bogor, dianggap tidak jelas sumber pendanaannya dan tidak ada sosialisasi kepada masyarakat sekitar. Pihak pemerintah desa pun tidak menjelaskan rincian proyek tersebut.

“Jadi gini yah, pertama Kepala Desa dan staf desa itu tidak boleh menjadi pelaksana, jadi pembangunan ini kan dari Dinas PUPR karena Kepala Desa lagi sakit makanya saya wakilin dan saya cuman di belakang layar waktu itu tapi saya bukan pelaksana,” ungkap Peri Nurdiansyah, Sekdes Barengkok saat ditemui KM, Senin 5/11.

Menurutnya, semua bahan material didapat langsung dari Dinas PUPR. “Kita mah cuma kerjakan doang, terima bersih dan ketua pelaksananya dulu adalah pak Dede,” kata dia.

Saat ditanya terkait siapa pelaksana dan berapa anggarannya, ia mengaku lupa.

“Lupa saya, kalau tidak salah pengerjaan dari salah satu perusahaan di Ciomas,” kilahnya.

Sementara itu, Koordinator Center for Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman menyatakan bahwa ini “permasalahan klasik”, ketidakpahaman aparat dalam menjalankan proyek yang bersumber dari uang negara, yang wajib dijalankan sesuai ketentuan.

“Mulai dari perencanaan sampai pengerjaan, karena pekerjaan ini nantinya harus dilaporkan. Jika ketentuan ini tidak dilakukan dengan benar, sudah dipastikan ke depannya akan timbul masalah,” ungkapnya saat dikonfirmasi Jumat 9/11.

Jadi harus jelas, kata dia, jika ada proyek sumber dananya dari mana karena akan ketahuan yang bertanggung jawab pihak mana saja.

“Jika pekerjaan tersebut tidak sesuai ketentuan, sebaiknya pihak Dinas PUPR menjelaskan ke publik atas ketidakjelasan proyek pipa ini, misalnya soal besaran anggaran, waktu pengerjaan, sampai model pengerjaan melalui swakelola atau lelang,” jelasnya.

Reporter : Deva
Editor : HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*